LOON STARTUPS GOOGLE BEKERJA SAMA SIAP MELUNCUR

LOON STARTUPS GOOGLE BEKERJA SAMA SIAP MELUNCUR

1 Feb 2019

LOON adalah nama perusahaan yang merupakan anak dari Alphabet (Alphabet adalah nama perusahaan pemilik Google).

Loon memiliki arah bisnis yang sangat rahasia pada kali diluncurkan sekitar 2011 karena tertutup dan ingin melakukan terobosan baru untuk menyediakan internet bagi dunia.


Setelah kelahirannya yang rahasia dan berbagai informasinya menyebar, perusahaan bernama Loon ini mendadak hilang tidak memiliki isu baru dan sekarang tiba-tiba muncul lagi.

Loon berencana membuat media perantara penyediaan internet bagi berbagai tempat terutama di pelosok yang terpencil dengan membuat balon sebagai media perantara bagi proses dan penerimaan sinyal di permukaan bumi.

Balon ini diharapkan akan menjadi wahana murah yang dapat diganti dan dibuat setiap saat berbeda dengan satelit yang mahal dan peluncurannya ke udara akan sangat rumit dan mahal.


Loon sebetulnya selalu mencoba dan mencari konfigurasi terbaik untuk menyediakan internet bagi dunia. Sempat lepas dari perhatian dunia dan sekarang kembali dengan berbagai rencana kerja sama baru.

Akhir tahun 2018, Loon sudah berhasil membuat terobosan dengan melakukan ujicoba dengan mencoba menyediakan internet bagi suatu area yang terbentang dengan jarak 1000 km.

Area tersebut mendapat akses internet dengan bantuan 7 balon udara dari Loon dengan terbang sekitar 20 km diatas permukaan bumi. Dari keberhasilan ini, Loon berencana untuk menyediakan internet dari Balon sekitar tahun 2019 ini.


Permasalahan dari akses internet adalah karena pengguna internet cenderung perlu untuk bergerak entah berlibur dan menggunakan laptop di gunung atau hutan, bisa juga menggunakan ponsel atau mobil pintar ke suatu pelosok.

Karena pengguna bergerak maka penyediaan internet dengan kabel fiber optik atau menggunakan tiang tower yang diam tidak akan menyelesaikan masalah.

Loon ingin menyelesaikan masalah pelik itu dengan murah dan cepat jika memang harus tersedia banyak akses internet. Balon adalah salah satu pilihan dan diambil oleh Loon.

Untuk realisasi tersebut, sesuai yang disebutkan dalam MEDIUM, Loon berencana membuat bisnis internet melalui balon terjadi.

Loon saat ini sedang berencana membuat kerja sama khusus dengan perusahaan Kanada bernama  Telesat. Jika konsep ini berhasil dan terbukti murah maka berikutnya internet murah akan menyerbu dunia.