MARCO, PERANGKAT KECIL PENTING DAN TANGGUH MENANTANG MARS

MARCO, PERANGKAT KECIL PENTING DAN TANGGUH MENANTANG MARS

6 Feb 2019

PLANET MARS dan berbagai misi kunjungan ke planet merah tersebut sangat menarik perhatian publik berisi berbagai perangkat dan ide canggih serta kreatif.


Ada perangkat kecil berbentuk balok dan saat ini menantang temperatur panas dan dingin di sekitar planet Mars. Perangkat kecil balok dan sering disebut dengan Cube Sat ini berkelana sekitar Mars dan bertindak sangat penting bagi keberhasilan misi wahana di Planet Mars.

Cube Sat ini bernama MarCo yang merupakan the twin communications-relay CubeSats dikonsepkan oleh NASA Jet Propulsion Laboratory.  Satelit komunikasi disebut MarCO sebagai singkatan dari Mars Cube One (MarCO).

Prinsipnya MarCO ini adalah wahana luar angkasa seperti juga pesawat ulang alik yang berjalan di luar angkasa dengan perangkat navigasi, alat komunikasi hanya saja berukuran lebih kecil.

Ukuran dari MarCO sekitar 4 inci (10 centimeter) square. Bisa dibayangkan bahwa MarCO ini adalah wahana angkasa luar sebesar koper jalan-jalan.

MarCO sudah berhasil menjalankan tugasnya dan jarang diulas karena publik lebih tertarik dengan foto di Mars dan hasil pengujian di daratan Mars.


Foto mistis berbau klenik dari daratan Mars mengalahkan prestsi gemilang dari MarCO dan hampir tidak diketahui publik bahwa diatas Mars komunikasi agar foto terbaru dari Planet Mars dapat terkirim cepat dan efisien berkat MarCO.



Keberhasilan dari MarCO ini akan membuat misi lanjutan ke Mars akan disertai satelit sejenis agar komunikasi antara Bumi dan Mars lebih lancar.

Situs JPL Nasa:
"MarCO-A and B are our first and second interplanetary CubeSats designed to monitor InSight for a short period around landing, if the MarCO pair makes it to Mars,” said Jim Green, director of NASA's planetary science division at the agency's headquarters in Washington. “However, these CubeSat missions are not needed for InSight’s mission success. They are a demonstration of potential future capability. The MarCO pair will carry their own communications and navigation experiments as they fly independently to the Red Planet."

Misi yang dijalankan oleh MarCO saat ini sudah selesai membantu wahan Insight mendarat selamat di Mars. Saat ini para ahli sedang menguji coba apakah MarCO masih bisa berkomunikasi dengan Bumi walaupun misi sudah selesai.