NEMO GARDEN VS PERTANIAN TERAPUNG BELADON DARI BELANDA

NEMO GARDEN VS PERTANIAN TERAPUNG BELADON DARI BELANDA

4 Feb 2019

BELADON saat ini adalah perusahaan pertama di dunia yang melakukan pertanian dan peternakan sapi terapung di dunia yang mana terletak di Merwe 4 Haven di Rotterdam.


Pertanian terapung ini adalah pilot project yang didukung oleh pemerintah Belanda dan menjadi bagian untuk jawaban masa depan dimana populasi penduduk meledak dan area tanah bertani berkurang terutama di tengah kota padat seperti Rotterdam atau Singapur.

Pertanian terapung dengan luas sekitar 27 meter x 27 meter ini sekarang berisi 40 ekor sapi dan diharapkan bisa tahan badai jika terjadi diatas sungai tersebut. Setidaknya dari pertanian ini dapat dihasilkan 211 galon susu per hari (hampir 800 liter susu per hari).


Konsep bertani masa depan juga ditawarkan oleh sekelompok peneliti bernama Ocean Reef Group yang berasal dari Italia. Pertanian ini terletak di bawah air dan diberi nama Nemo Garden.

Berbeda dengan konsep pertanian Beladon, konsep bertani bawah air diperkirakan dapat menguntungkan karena tidak mudah terkena hama aslinya.


Nemo Garden ini pertama kali di buat tahun 2013 di kota Noli di Italia dan saat itu terkena badai sewaktu musim dingin. Saat ini bangunan pertanian bawah air ini dibuat dengan lebih permanen sehingga diharapkan lebih tahan dari sebelumya.

Nemo Garden ini dikaitkan dengan koneksi data ke pusat pengontrolan yang berada di darat dimana pusat kontrol dapat mengetahui keadaan udara, temperatur yang ada di dalam setiap taman tersebut.