NOTIFIKASI GOOGLE, ATURAN GDPR DAN HAK CIPTA EROPA BISA MEMBATASI BLOGGER

NOTIFIKASI GOOGLE, ATURAN GDPR DAN HAK CIPTA EROPA BISA MEMBATASI BLOGGER

8 Feb 2019

EROPA memiliki aturan yang sangat ketat terkait data pribadi dan juga hak kepemilikan terkait produksi pribadi.


Uni Eropa sebelumnya memberlakukan denda bagi perusahaan besar karena terdapat indikasi tidak dilindungi data publik pengguna aplikasi terkait hingga 57 juta USD.

Saat ini senat Uni Eropa sedang membahas ketentuanbaru terkait hak cipta dan jika diterapkan maka ada sekitar 45% revenue (pendapatan) dari blogger bisa terpangkas

Pejabat Google dan melalui notifikasi berita di Google berbagi ide terkait hal ini dan menghimbau agar aturan ini dikaji ulang.

Google memperkirakan bahwa pembatasan hasil dari undang-undang ini dapat membuat pengunjung berpindah ke situs yang bukan situs profesiona. Ada kemungkinan situs non-news sites, social media platforms dan  online video sites akan mendapat kunjungan lebih besar jika aturan ini diterapkan dan bisa jadi kualitas dan integritas berita menjadi turun.

Google menyebutkan bahwa usulan aturan untuk Uni Eropa tersebut terutama pada artikel 11 dan artikel 13 bisa membatasi para publisher (pemilik) situs berita besar.

Article 11. We reiterate our commitment to supporting high-quality journalism. However, the recent debate shows that there’s a fundamental misunderstanding of the value of headlines and snippets—very short previews of what someone will find when he or she clicks a link. Reducing the length of the snippets to just a few individual words or short extracts will make it harder for consumers to discover news content and reduce overall traffic to news publishers.

Kedua artikel ini dapat membatasi interaksi dan keperluan dari publisher dan bisa jadi para pengunjung juga tidak menjadi tertarik dengan berbagai pembatasan yang ada dan akhirnya produk/situs publisher resmi bisa berkurang kunjungannya.

Article 13. The Parliament's version would hold internet services directly liable for any copyright infringement in the content that people share on their platforms. We stand by our conviction that the draft rules aren’t carefully balanced, and would harm the thriving creative economy in Europe, including YouTube’s creator community.

Google menyimpan himbauan tersebut dalam notifikasi site khusus Google pada link disini.