NURO STARTUPS YANG BARU MENDAPAT DARAH SEGAR HAMPIR 1 MILIAR USD

NURO STARTUPS YANG BARU MENDAPAT DARAH SEGAR HAMPIR 1 MILIAR USD

12 Feb 2019

NURO adalah startups baru yang baru mendapat dana segar sebesar 940 juta USD dari SoftBank Vision Fund  yang memang biasa berburu startups.



Nuro sendiri adalah perusahaan yang didirikan terutama oleh 2 orang yang sebelumnya bekerja di Google self-driving car project. Dua orang engineer ini terutama Dave Ferguson and Jiajun Zhu. Dana segar terbaru dari Softbank ini membuat Nuro mendapat valuasi sekitar 2.7 miliar USD sebgaimana yang disebutkan oleh Reuters.

Bisnis yang akan disediakan oleh Nuro adalah penyediaan sarana pengantaran barang dalam kota, robot kendaraan darat ini akan mengantarkan paket yang bersifat lokal (tidak masuk jalan tol dan keluar kota).

Robot pengantar ini dapat mengantarkan karangan bunga, paket kotak, makanan atau barang pesanan lain dalam kompartemen yang disediakan didalam kotak tubuh robot ini.

Robot ini pada prinsipnya adalah drone yang bekerja seperti mobil autopilot yang dimiliki Google dengan Lidar dan kemampuan jelajah GPS pada jalanan dalam kota.

Robot ini bisa jadi digabung dengan robot yang lebih besar mengangkut barang dalam jumlah besar dan antar kota. Robot kecil kemudian mengirim ke setiap pelosok kota kemudian.

Robot pengantar pesanan saat ini dipenuhi persaingan dengan ada banyak perusahaan startups lainnya yang sejenis, sebelumnya salah satunya KIWIBOTS ada yang sempat viral karena terbakar di pinggir jalan sewaktu bertugas.