ORGANISASI PERBANKAN PERTAMA DENGAN CRYPTO, JPM COIN RESMI MELUNCUR

ORGANISASI PERBANKAN PERTAMA DENGAN CRYPTO, JPM COIN RESMI MELUNCUR

16 Feb 2019

JPM COIN atau coin dari JP Morgan ini adalah coin berbasis crypto yang pertama kali dikeluarkan oleh institusi perbankan, JP Morgan sendiri adalah satu dari sedikit raksasa finansial dunia.


Demikian JP Morgan menyebut coin crypto produknya sebagai coin crypto pertama yang langsung dibuat dan dikeluarkan oleh institusi perbankan.

J.P. Morgan this month became the first U.S. bank to create and successfully test a digital coin representing a fiat currency. The JPM Coin is based on blockchain-based technology enabling the instantaneous transfer of payments between institutional accounts. We sat down with Umar Farooq, head of Digital Treasury Services and Blockchain, to find out more about the announcement and what it means for the future of payments.

JPM Coin pada prinsipnya adalah koin yang bernilai persis sama dengan US Dolar hanya saja dibentuk dalam mode cryptocurrency.

Keuntungan dalam bentuk crypto ini adalah bisa dikirim dan diterima seketika sehingga mempermudah bagi perusahaan yang ingin memindahkan aset yang bernilai dalam USD dalam JPM Coin tanpa takut melanggar ketentuan perbankan dan tanpa takut kehilangan nilainya dalam USD.

JP Morgan memang berencana agar JPM Coin dapat menjadi jembatan bagi uang digital dan fiat bahkan bagi mata uang negara-negara lain di dunia secara bertahap.

JPM Coin is currently a prototype that will be tested with a small number of J.P. Morgan’s institutional clients, with plans to expand the pilot program later this year. JPM Coin is currently designed for business-to-business money movement flows, and because we are still in a testing phase, we don’t have plans to make this available to individuals at this stage. That said, the cost-savings and efficiency benefits would extend to the end customers of our institutional clients.


Dengan turunnya JP Morgan ke kancah crypto tentu hal ini akan mempermudah bagi dunia crypto melakukan transfer nilai dari crypto ke fiat. JPM Coin bisa menjadi pilihan utama di masa depan jika JP Morgan berhasil melakukan integrasi terkait hal ini. Pengaruh JP Morgan sangat besar bagi dunia perbankan.

JP Morgan sendiri memang perusahaan raksasa dan hal itu diperlihatkan dengan kebiasaan JP Morgan untuk berdonasi sekitar lebih dari 200 juta USD setiap tahunnya ke organisasi nirlaba.

Secara umum cara kerja JPM Coin mirip Bitcoin dan secara khusus mungkin sangat mirip dengan USDT (Theter). USDT atau Theter prinsipnya adalah crypto seperti Bitcoin dan disepakati bernilai persis 1 USD.

Aplikasi dan persetujuan penggunaan uang JPM Coin akan membuat crypto semakin mendapat pijakan ke dunia nyata.