PENELITIAN SUPER BLACK SOLDIER, PAPER TENTANG PRAJURIT HEBAT DISETIAP MEDAN

PENELITIAN SUPER BLACK SOLDIER, PAPER TENTANG PRAJURIT HEBAT DISETIAP MEDAN

18 Feb 2019


BLACK SOLDIER adalah sebutan bagi lalat hitam yang handal dan siap melahap benda organik apapun jika dihadapkan padanya.





Ada perusahaan sejenis yang sedang berkembang saat ini di Indonesia yang juga berurusan dengan mahluk handal yang kecil ini. Perusahaan ini melakukan ternak terhadap hewan kecil ini.

Para peneliti merasa tertarik dengan kemampuan larva ini dimana larva ini memiliki kemampuan makan yang besar. Larva ini dapat melahap satu pizza dalam dua jam dengan sangat efektif.

Paper baru diterbitkan oleh para ilmuwan mengenai kenapa hewan ini dapat makan dengan efisien dan membuat model matematika terkait pergerakan black soldier ini sewaktu menyerang makanan.

Dalam paper tersebut disebutkan bahwa setiap larva dapat merasa kenyang dan perlu istirahat pada titik tertentu. Larva lain akan mendorong agar larva yang sudah kenyang terlempar ke belakang.

Setiap larva akan bergerak maju dan akan makan, tidak heran jika larva dan tempat makan dari larva ini bisa over-heat (kepanasan dan membunuh larva tersebut secara masal). Terkait hal ini memang larva perlu tempat dengan perputaran udara yang lancar atau menggunakan pendingin dan dapat membuat proses ternak larva mahal.

Larva ini bisa disebut sebagai pilihan terbaik bagi makanan ikan dan unggas, tidak heran jika larva ini bisa menjadi pilihan startup atau bisnis bagi peternak unggas dan ikan.




Penelitian ini dilakukan oleh ilmuwan Georgia Tech yang terkenal dengan berbagai penelitian lainnya. Jika tertarik dapat meninjau langsung paper terkait di situs Royal Society Publishing.