PERPISAHAN MENYEDIHKAN DENGAN OPPORTUNITY ROVER

PERPISAHAN MENYEDIHKAN DENGAN OPPORTUNITY ROVER

14 Feb 2019

OPPORTUNITY ROVER sekitar 15 tahun lalu mendarat di Mars dan terbuka air-bag penutupnya disertai sorakan gembira dari semua pemirsa pemerhati eskplorasi laur angkasa, tentu NASA sangat bahagia dengan pendaratan dan keberhasilan operasional Rover Opportunity.


Rover Opportunity ini mengalami hantaman badai Mars sekitar Juni 2018. Dari sekitar 31 Januari 2019 hinggga 6 Februari 2019, NASA sudah mencoba lebih dari 835 Recovery Commands yang dikirim dari bumi ke Mars untuk diterima oleh Opportunity.



Setelah percobaan perbaikan tersebut selama sekitr 8 bulan terkahir ini tidak berhasil, akhirnya NASA mengumumkan masa akhir misi dari Opportunity. Wahana ini berhasil bertugas selama 15 tahun tanpa lelah bekerja sendiri di Planet yang sepi.

Badai pasir di Mars yang tejadi di bulan Juni 2018 terindikasi memang sebagai badai pasir hebat dimana diperkirakan pada saat tersebut langit gelap gulita dan membuat wahana kehabisan batre.

Bagaimanapun misi Opportunity di Mars sejauh ini tercatat sebagai misi wahana darat di luar angkasa yang paling lama pernah dicatat oleh NASA. Menyedihkan bagi petugas NASA untuk mengumumkan bahwa tugas wahana ini saat ini dinyatakan selesai.


NASA membuat halaman khusus terkait penjelasan ujicoba pengiriman sinyal ke Opportunity dalam beberapa bulan terakhir pada situs NASA disini.