SEPEDA SALJU KHAS SWISS DARI JAMAN 19AN DI KAKI EIGER

SEPEDA SALJU KHAS SWISS DARI JAMAN 19AN DI KAKI EIGER

22 Feb 2019

VELOGEMEL adalah nama sepeda salju dari Swiss yang unik. Sepeda ini memang berasal dari Swiss dari kaki Gunung Eiger. Mungkin Eiger sangat mudah dikenal karena memang memang indah dan menjadi pilihan liburan musim dingin bagi orang-orang kaya.


Velogemel awalnya dibuat di Grindelwald untuk keperluan seorang bernama Christian Buhllman di tahun 1911 sebagai alat yang membantu beliau untuk berjalan-jalan/bertranportasi. Beliau sendiri yang membuat ide terkait alat transportasi ini.

Hingga sekarang bentuk dan penggunaan dari sepeda salju bernama Velogemel ini bisa dibilang persis seperti ketika dibuat tahun 1911. Velogemelberasal dari dua kata utama yaitu “velo” berarti Sepeda dan “gemel” alat luncuran, jadi Velogemel mungkin arti harfiahnya adalah Sepeda Luncur.

Lama-kelamaan sepeda salju ini akhirnya dipakai oleh banyak orang termasuk oleh tukang pos dan orang yang berpatroli dan bahkan dipakai oleh orang saat ini menjadi bagian dari wahana liburan. Lomba seluncuran dengan Velogemel juga saat ini biasa dilakukan terutama di Swiss.

Grindelwald sendiri adalah nama kota (kecil) di kaki Gunung Eiger yang saat ini juga menjadi terkenal karena meeting Davos sering dilakukan sekitar area tersebut. Sudah tentu Velogemeljuga menjadi terkenal.

Secara resmi pembuat Velogemel ini hanya dari 1 pabrik di Grindelwald dari dulu hingga sekarang. Velogemel dibuat dengan rapih dari kayu dari pabrik ini yang terletak di kaki pegunungan indah Eiger.

Sekitar 30 hingga 50 Velogemel dibuat dan dijual oleh pabrik ini setiap tahunnya dengan harga sekitar 590 USD (harga di Swiss pada 950 CHF). Sepeda luncur ini pada prinsipnya dibuat sama hanya saja saat ini mesin potong dan mesin bubut otomatis yang sudah di program dapat mengerjakan pemotongan kayu dengan presisi tinggi.

Sepeda Luncur ini terdiri dari 11 potong kayu dan 6 baut (paku tidak disarankan karena guncangan-guncangan akan membuat paku dan kayu menjadi longgar).

Velogemel bagi Grindelwald tidak bisa dipisahkan hanya saja pamornya belum seperti coklat atau keju terkenal yang biasa dikaitkan dengan Swiss.