SITUS ARTIS FOTO NASA DAN HARTA KARUN PENUH MISTIS

SITUS ARTIS FOTO NASA DAN HARTA KARUN PENUH MISTIS

1 Feb 2019

THOMAS APPERE adalah seorang Associate Scientist dari organisasi IPAG (l'Institut de Planétologie et d'Astrophysique de Grenoble) dari kota Grenoble di Perancis.

Associate Scientist ini adalah orang yang bertugas untuk mengamati objek luar angkasa dalam tata surya kita dan tugas beliau juga adalah mengamati informasi yang ada dari tangkapan wahana terhadap objek luar angkasa tersebut, termasuk juga mengamati jika di dalam foto tangkapan wahana terdapat noise atau gangguan seperti blur atau tangkapan warna yang tidak pas.

Beberapa foto tangkapan dari NASA sesudah menjadi hasil seni dan teknik yang sudah melalui proses review terkadang dibagi ke publik dan terkadang arsip-arsip foto tersebut didokumentasikan oleh NASA dan personelnya.

Keadaan di laur angkasa berbeda dengan di permukaan Planet Bumi dimana udara cenderung bersih dan tidak ada kandungan logam yang terkorosi dan bertebaran di udara. Mineral atau lapisan udara tertentu juga bisa membuat planet terlihat merah atau orange pada Planet Mars dan hal tersebut juga membuat spektrum warna yang diterima kamera menjadi berbeda.

Beberapa hasil karya fotografi dari wahana luar angkasa sangat menarik dan indah tetapi seperti diliputi kesan mistis yang kuat. Di saat bersamaan foto-foto tersebut menjadi penikmat karya fotonya menjadi seseorang yang akan bertemu Transformer dan Nenek Lampir.


Lengan Transformer seperti mencari sinyal untuk menuju arah pegunungan dimana Nenek Lampir berada, sangat mistis.

Foto diatas adalah foto yang diambil oleh kamera 21 NavCam Right diambil di Mars pada 1751 sekitar jam 14:17 waktu setempat.


Foto dari Mars terkadang perlu sentuhan dan zoom khusus untuk mengetahui lebih lanjut objek yang terdapat dalam foto. Foto diatas diambil dari MastCam 100mm camera pada jam 13:27 local time. Foto kemudian mendapat sentuhan bernama technique of pansharpening,  fusion dari RMI mosaics, untuk mendapatkan details, dan dari kamera MastCam 100mm image untuk mendapatkan warna dari objek tersebut.


Thomas Appéré juga membuat ilustrasi jika asteroid Ryugu asteroid jatuh di London akan seperti apa bentuk dan skala asteroid itu dibanding landscape London.

Asteroid Ryugu adalah asteroid yang ditangkap oleh wahana Jepang bernama Hayabusa 2. Menarik dan artistik jika melihat asteroid berukuran 880 m berada di tengah kota London.


Thomas Appéré juga terlibat melakukan review terkait objek luar angkasa yang terletak jauh di batas tata surya yang baru saja di jepret oleh New Horizon.

Ultima Thule adalah ojek yang dibuat oleh wahana New Horizons di Kuiper Belt dan diperkirakan bahwa objek ini merupakan bagian dari batuan es di area dingin terbentang lebar di tapal batas sistem Matahari dan Planet tempat kita berada.


Jika tertarik melihat harta karun misterius lain bisa berkunjung ke situs Flickr terkait.