UJICOBA EVTOL YANG MENARIK

UJICOBA EVTOL YANG MENARIK

20 Feb 2019

VTOL adalah sebutan bagi pesawat terbang (selain helikopter) yang dapat terbang dan mendarat vertikal (Vertical Take-Off and Landing).



Beta Technologies mencoba menerapkan VTOL kepada pesawat dengan tenaga elektrik dengan motor listrik dan disebut dengan eVTOL. Saat ini model yang dicoba baru prototype dan baru diuji untuk lepad landas dan mendarat yang belum sepenuhnya vertikal.

Konsep pesawat ini menarik karena menggunakan tenaga elektrik dan dapat dikebut hingga sekitar 170 mil/jam (sekitar 270 km/jam).

Dalam keadaan standar, pesawat ini dapat terbang hingga sekitar 150 mil atau sekitar 250 km dan dapat ditingkatkan kemampuan jelajahnya dalam permintaan khusus. Jarak 250 km cukup untuk bepergian Jakarta - Bandung dan jika pengisian batre dapat dilakukan atau ada cadangan maka bisa sampai Jakarta - Semarang.

Pesawat model dalam bentuk prototype dan disebut Ava sudah tersedia. Aya akan mencoba terbang keliling Amerika dimulai musim panas tahun 2019 ini. Diharapkan perbaikan-perbaikan akan diluncurkan dan membuat eVTOL ini semakin baik.