UPDATE MARS ROVER 2020

UPDATE MARS ROVER 2020

23 Feb 2019

MARS saat ini menjadi planet yang menjadi tujuan banyak pihak baik dari pihak pemerintah seperti NASA atau dari pihak swasta seperti oleh SpaceX dan Boeing.


NASA JPL baru saja mengeluarkan update terkait wahana yang akan ditugaskan di planet tersebut. Wahan sudah mulai berbentuk dan rencana akan dilundurkan Juli 2020.

Project System Engineer Jennifer Trosper dari NASA menjelaskan bahwa setiap perangkat tersetbu sudah siap dan akan mendapat ujicoba.

Setelah ujicoba maka akan disusun untuk kemudian diluncurkan ke Planet Mars. Bagian wahana tersebut saat ini sudah siap meliputi bagian utama rover, bagian roket penurun, bagian roket pendorong, pelindung belakang dan pelindung dari panas.



Jarak yang ditempuh dari Bumi ke Mars pada Juli 2020 akan merupakan jarak yang lebih pendek dari perjalanan sebelumnya karena kedua planet berjalan sesuai jalurnya.

The mission is timed for a launch opportunity in July 2020 when Earth and Mars are in good positions relative to each other for landing on Mars. That is, it takes less power to travel to Mars at this time, compared to other times when Earth and Mars are in different positions in their orbits. To keep mission costs and risks as low as possible, the Mars 2020 design is based on NASA's successful Mars Science Laboratory mission architecture, including its Curiosity rover and proven landing system. 

Bisa dikunjungi di situs NASA untuk mengetahui update secara langsung.