ATURAN 2014 FORMULA ONE

ATURAN 2014 FORMULA ONE

30 Mar 2019

FORMULA ONE selalu membuat penggemar otomotif tertarik karena bisa disebut puncak dari teknologi otomotif berada pada tayangan Formula One atau Formula - 1 atau F1. Apa itu aturan 2014 pada Formula One? Sangat canggih.


Formula One beberapa kali membuat aturan terkait seperti apa mobil balapa F1 harus memiliki konfigurasi. Dimulai dari sekitar tahun 1947 dari peraturan sederhana menjadi peraturan yang semakin menarik.

Aturan 2014 bisa jadi merupakan aturan paling rumit pada suatu olahraga. Aturan ini meliputi ketentuan mesin dan bagaimana aturan lain dalamannya yang juga dibatasi dan sangat rinci.

Secara umum aturan Formula One berubah dan bisa diangap beberapa tahap dari beberapa tahun lalu hingga ke 2014, pertama sekitar  1947–1953, 1954–1960, 1961–1965, 1966–1986, 1987–1988, 1989–1994, 1995–2005, 2006–2013, 2014– hingga saat ini. Kemungkinan revisi aturan berikutnya akan diterapkan pada tahun 2021.

Untuk aturan 2014 saat ini, ketentuan baru harus diterapkan dimana terjadi perubahan konfigurasi mesin dari 2.4-litre V8 engines menjaid bentuk yang lebih kecil dan irit ke bentuk 1.6 litre V6 turbo engines.

Tidak hanya itu, aturan baru juga mensyaratkan adanya beberapa tahap energy recovery systems beserta aturan besar aliran bahan bakar (fuel flow restrictions). Aturan xxx mensyaratkan hal yang sebetulnya lebih rumit dan menantang bagi kemajuan teknologi otomotif, aturan tersebut membuat para pabrikan kreatif agar bisa tetap membuat dorongan/energi gerak dari penggunaan rem dan dari sisa gas yang tidak terbakar atau sisa gas buangan. Aturan ini ditetapkan oleh Fédération Internationale de l'Automobile (sering disebut dengan singkatan FIA).

Secara umum rangka mobil F1 juga berubah drastis banyak terutama dengan tujuan agar mobil F1 lebih menempel ke jalur balapan sehingga lebih stabil dan lebih aman. Aturan rangka dan badan mobil ini dibuat secara umum dengan mengharuskan mobil lebih rendah, sirip depan dan belakang dibatasi serta dibuat seolah bentuknya lebih buruk dari bentuk sebelumnya. Beberapa pengamat dan pembalap menyebutnya sebagai aturan UGLY - jelek rupa.

Salah satu aturan yang bisa jadi paling menarik adalah terkait energy recovery systems dimana dapat diterapkan beberapa opsi dan semuanya akan menarik jika dipakai pada mobil publik masa depan. Salah satunya Kers system menerapakan pengambilan sisa energi kinetik sewaktu dilakukan pengereman.

Sewaktu pengereman dilakukan maka seolah roda akan dipaksa putaran dan energinya ditahan, dalam sistem ini penahanan dilakukan untuk memutar roda yang mengambil energi kinetik tersebut untuk memutar magnet dan mengubah jadi listrik. Listrik ini akan dipakai oleh motor (dinamo listrik) untuk memutar roda membantu disaat kemudian sewaktu gas/pedal ngebut diinjak.

Kers System ini juga saat ini semakin membaik, pada awalnya hanya membuat energi sektiar 60kw untuk sekitar 6.7 detik dalam satu lap, saat ini jauh lebih baik. energi yang diciptakan bisa mencapai 150kw dengan durasi lebih lama hingga sekitar 30 seconds dalam satu lap/putaran.

Akan mudah jika dilihat dari video apa yang terjadi dengan penangkapan energi sewaktu mobil dipaksa harus melambat dengan di rem.



Bagaimana aturan tersebut? Sangat rumit dan dari video berikut sangat jelas bahkan diperlihatkan hingga ke bagian dalaman ruang bakar dan bagian lain seperti sirip dan damapak lain dari ban yang dipakai. Aturan yang rumit dan menarik karena membuat industri otomotif semakin terpacu maju.