IDE RUMAH KECIL TIRAI KAYU -->

IDE RUMAH KECIL TIRAI KAYU

3 Mar 2019

NORTH LANE di Australia memiliki pemandangan indah dengan perpaduan antara pesisir pantai dengan vegetasi hijau yang membuat area tersebut sangat dramatis.


Shaun Lockyer Architects (SLa) yang berlokasi di Brisbane merasa tertantang dengan permintaan klien untuk membuat rumah/ruang tambahan berbentuk persegi di tepi pantai dengan vegetasi hijau yang padat di daerah tersebut.

SLa mendapatkan permintaan agar rumah kotak ini berbapu dengan pantai indah yang penuh dengan pohon hijau dengan solusi menjadi rumah yang melindungi privasi tetapi harus terbuka.


Walaupun berbentuk cenderung kecil, rumah yang berada di pinggir pantai ini diminta agar kapasitas akomodasi cukup besar.

North Lane is a dramatic alteration and addition to an iconic “Straddie Shack” on North Stradbroke island. The deceptively small beach home explores the idea of retractable edges and flexible transparency while maximising accommodation. A simple robust palette of weathering timber externally and rich ply timber internally make for a relaxed and warm living experience.
 
Rumah ini juga menggunakan bahan utama kayu dengan harapan cocok untuk lokasi pantai yang cenderung panas/hangat sepanjang tahun.


Rumah berbentuk persegi ini menggunakan pelindung dari kayu agar bagian dalam rumah tidak terlalu panas.

Pelindung kayu ini juga menjadi pelindung privasi karena dapat membuat bagian dalam rumah tidak terlihat dengan jelas.


Untuk bagian dalam rumah terasa lebih hangat dan relax dengan bagian kayu yang menjadi bagian utama pada sisi dalam rumah.


Bagian utama dalam memang berbahan kayu yang meliputi ruang depan, selasar tengah rumah bahkan hingga ke bagian ruang mandi.


Ornamen utama kayu sangat terasa di bagian selasar tengah. Bisa disebut semua sisi dalam rumah ini berbahan hanya kayu. Sisi luar terlindungi dinding kayu dan terlindungi juga oleh kerai kayu bergaris.


Rumah ini cukup terkesan terbuka karena pada sisi ruangan bersama memiliki dinding yang terbuka menghadap ke pantai.


Untuk membaca lebih lanjut dapat mengunjungi Project North Lane pada situs SLa.

Project Team
Brad Anderson Builder
Westera Partners