KOMPUTER MURAH DAN RINGKAS UNTUK ROBOT ATAU AI HANYA 99 USD, NANO JETSON

KOMPUTER MURAH DAN RINGKAS UNTUK ROBOT ATAU AI HANYA 99 USD, NANO JETSON

20 Mar 2019

NVDIA baru saja meluncurkan NANO JETSON yang merupakan komputer kecil dan ringkas yang dapat dilatih untuk menjadi komputer yang dapat menerima data, mengolah dan belajar dari data tersebut.

Tanpa alat ini, suatu komputer yang kompak besar diperlukan untuk membuat perangkat yang dapat belajar atau seperti perangkat yang dapat mandiri sendiri.


Komputer kecil ini memang sangat kecil bahkan hanya perlu 5 watt untuk menyala sehingga tidak perlu daya besar bisa hemat dengan batre jika diperlukan.

Maxwell-based GPU of 128 cores and the ARM A57 quad-core processor can deliver 472 gigaflops of processing power for neural networks, high-resolution sensors and other robotic features, while consuming 5W. On the surface, at least, you could reach the optimum point if you are looking to build your own robot or smart speaker.

Dengan komputer kecil ini, maka data dapat masuk dan dikelola dengan terkait ke beberapa platform besar AI seperti TensorFlow, PyTorch, Caffe, Keras dan juga MXNet cenderung seperti plug-and-play.

Sebagai contoh, Tensor Flow atau Google Tensor saat ini terbukti handal membantu Google untuk menyaring Spam atau gangguan email lainnya.



Untuk apa Jetson Nano ini? Mungkin jika tertarik membuat platform ringan seperti Jarvis (Iron Man) yang bisa diajak ngobrol atau membuat robot kecil yang bisa berpikir sendiri maka komputer ini jawabanya.

NVDIA membuat contoh untuk pembuatan robot menggunakan komputer ini sebagai tulang punggung dan dapat dibuat dengan biaya total sekitar 250 USD. Robot ini disebut oleh NVIDIA sebagai  JetBot.

Ingin membuat robot tersebut? Mudah ikuti video dibawah ini dan robot mungil pintar akan berkeliaran menjadi mainan baru.