PENEMBAK CHRISTCHURCH CUKUP SAKIT DAN MEMBUAT PEWDIEDIE MUAL

PENEMBAK CHRISTCHURCH CUKUP SAKIT DAN MEMBUAT PEWDIEDIE MUAL

16 Mar 2019

CHRISTCHURCH beberapa waktu ini terdapat beberapa hal besar, pertama kejadian besar terkait Cryptopia yang masih belum selesai dan kedua masalah baru terkait penembakan Muslim di kota yang menjadi bagian dari negara Selandia Baru.


Penembakan Muslim ini disertai dengan kemajuan respon dari media sosial yang cukup baik dibanding dengan sebelumnya. Sewaktu terjadi ketidak stabilan sosial di beberapa negara seperti kejadian rasis di Myanmar atau Thailand, respon dari platform media sosial sangat terlambat. Untuk kejadian penembakan di Selandia Baru ini ada keterlambatan walaupun sudah lebih baik.

Penembakan di lakukan dengan melakukan tayangan live langsung dan online terbagi ke media sosial, video ini kemudian menyebar dengan cepat dengan versi lebih kecil sehingga dapat terdistribusi dengan mudah melalui ponsel dan memang demikian yang diinginkan oleh penembak ini.

Bahkan penembak menyebut Pewdiedie secara khusus dan hal ini membuat Pewdiedie merasa mual dan memperlihatkan ada yang salah di sisi kejiwaan penembak di Selandia Baru ini.

Just heard news of the devastating reports from New Zealand Christchurch. I feel absolutely sickened having my name uttered by this person. My heart and thoughts go out to the victims, families and everyone affected by this tragedy.




Sayang sekali bahwa media sosial digital terlambat menutup link padahal hal tersebut dapat dilakukan oleh mereka secara cepat dan sigap karena beberapa forum sudah teridentifikasi mendapat informasi ini sebelum penembakan terjadi.

Before the shooting, the gunman posted links to a white nationalist manifesto on Twitter and 8chan, an online forum known for extremist right-wing discussions. The 8chan post included a link to the gunman’s Facebook page, where he said he would also broadcast live video of the attack.

Sebelum penembakan terjadi, penembak sudah memberikan link di Twitter dan forum 8chan dengan menyebutkan pada link mana live view penembakan akan terjadi. Kita sebagai pengguna harus meminta perbaikan atas sistem yang terjadi di media sosial atau bahkan mereka juga bisa dijerat salah karena menjadi platform penyebaran berita kebencian dan tidak serius melakukan perbaikan.

Sayang sekali bahwa Cristchurch ternodai, sebelumnya kota ini termasuk kota dengan kunjungan tertinggi secara internasional, bahkan pernah menjadi salah satu dari 10 kota yang dikunjungi turis asing.



Gambar dan informasi terkait Pewdiedie diambil dari New York Times.