SERTIFIKASI PESAWAT BISA SEHARGA 1.8 MILIAR USD

SERTIFIKASI PESAWAT BISA SEHARGA 1.8 MILIAR USD

28 Mar 2019

BOEING 737 MAX mendapat banyak pertanyaan baik dari publik, dari politisi hingga dari para ahli penerbangan.


Pertanyaan yang disertai rasa penasaran tinggi, apa sebenarnya yang terjadi sehingga indikasi software seperti terlihat sederhana tetapi bisa jadi merupakan kunci utama dari dua kecelakaan terbesar terakhir di Etiopia dan Indonesia?

Pertanyaan seperti diatas juga yang disebutkan oleh para politisi dan ahli sewaktu terjadi tanya jawab dengan pihak Boeing dan FAA.

Sebagai gambaran, sebuah pesawat tidak bisa begitu berhasil terbang maka dapat membawa penumpang secara bebas, pesawat tersebut harus diuji dari berbagai sisi dan dengan banyak ahli serta peralatan untuk memastikan pesawat siap dipakai.

Bagian dari badan, rangka, mesin, rongga penyekat antara mesin dan bagian lain, batas kerja, batas kekuatan dan banyak hal harus dipastikan dan teruji.

Reuters mengutip hasil diskusi tersebut dengan jelas dan bisa memberikan gambaran mengenai gambaran sebuah pesawat untuk dapat mendapat sertifikat dan siap terbang.

It would cost $1.8 billion and take 10,000 new employees for the U.S. aviation regulator to handle all aircraft certification internally, the agency’s acting chief told a Senate panel on Wednesday, facing tough questions after two Boeing 737 MAX crashes on how new planes are approved for flight.

Sebuah pesawat perlu dana hingga 1.8 miliar USD dan setidaknya memerlukan 10 ribu petugas dari FAA untuk memastikan pesawat siap terbang dan handal, perjalanan yang mahal dan panjang.

Perbaikan software akan diluncurkan oleh Boeing dan perbaikan tersebut mendapat klasifikasi sebagai keperluan yang tidak kritis, tidak harus segera dan tidak terkesan wajib diterapkan.

Elwell also said that an alert to pilots that Boeing was making standard on all 737 MAX planes as part of a software upgrade was not “safety critical.” Boeing will stop charging for that alert and will not charge for another optional indicator. 

Pihak otoritas Amerika juga menanyakan mengenai perlunya biaya untuk menjadikan keperluan safety dengan biaya tambahan, ini mengindikasikan bahwa bagian keselamatan tertentu tidak usah dibeli dan jika keperluan keselamatan tersebut ingin diterapkan maka perlu biaya, seolah keselamatan hanya tambahan dan bisa dibeli.

Otoritas Amerika menanyakan banyak hal mendasar dan perlu diketahui dan ini menggambarkan pengetahuan dan kepedulian pihak otoritas Amerika terkait keselamatan penerbangan secara umum.