MENDAPAT UANG DARI HACKTIVIST, HACK SECARA LEGAL BISA MENCAPAI 23.5 JUTA USD

MENDAPAT UANG DARI HACKTIVIST, HACK SECARA LEGAL BISA MENCAPAI 23.5 JUTA USD

5 Apr 2019

HACKTIVIST atau disebut sebagai Hacktivisme dalam bahasa Indonesia adalah suatu kegiatan untuk melakukan hacking system secara baik untuk mencari kelemahan sistem dan diperbaiki.


Kegiatan melakukan hacking mencari kelemahan sistem untuk perbaikan disebut dengan Bounty Hunter. Kegiatan Bounty Hunter ini menjadi pekerjaan serius bagi beberapa ahli software di beberapa negera terutama di India.

Bug bounties can be life changing for some hackers. The top hackers based in India earn 16x the median salary of a software engineer. And on average, top earning researchers make 2.7 times the median salary of a software engineer in their home country.

Penghasilan hacker untuk mencari bounty hunter bisa membuat gaji tahunan naik dratis sehingga seolah kenaikan sampai 16 x lipat.

Perputaran uang disini juga cukup besar, satu kelemahan medium bisa dihargai sekitar 2500 USD dan ini berbarti cukup untuk sebulan bagi seorang hacker.

Hacker yang terlibat kegiatan hacking yang halal ini dikenal juga dan dihargai dengan tinggi oleh Google, Yahoo, Uber dan Angkatan Udara Amerika yang memiliki berbagai perangkat canggih dan berbahaya. Amerika memang sangat gencar mendapat serangan hacker.

JACK adalah salah seorang hacker aliran putih (white collar hacker) yang berhasil mendemonstrasikan perlunya mencari celah yang diperbaiki dalam sistem.

.... jump around different programs. I’ve been acknowledged by Google, Yahoo, Uber, and most recently the U.S. Air Force for participating in the Hack the Air Force program...I was drawn to [DoD] programs because they offered a unique chance to disclose vulnerabilities in the U.S. government’s systems. It’s been great to see hackers help improve the Air Force’s security and be recognized for their efforts

Tidak hanya bagi perusahaan besar dan negara besar, bahkan sistem uang kripto (cryptocurrencies) juga menggunakan jasa hacker aliran putih ini. Platforms Augur, Monero, ICON dan Stellar juga menggunakan jasa mereka.

ICON dan Stellar membayar sekitar seribu USD untuk memperbaiki suatu patch mengenai alur program yang dipakai agar lebih baik.

Dalam sebulan kemarin (sekitar tengah bulan Februari hingga sekitar tengah bulan Maret 2019) sekitar 20 ribu USD dari perbaikan sistem kripto dibelanjakan bagi hacktivity.

HackerOne adalah salah satu organisasi yang melakukan pengaturan dan menghubungkan antara pihak industri dan pihak hacker untuk bertemu dan mencari kelemahan sistem.

HackerOne juga adalah pihak yang mengumpulkan data-data kelemahan dan update secara umum terkait kehandalan dan perbaikan sistem.

Perbaikan dan pencarian kelemahan sistem tidak hanya terkait hacking website, Android atau juga sistem perangkat/aplikasi Apple, hampir setiap hal terkait pencarian bounty hunter.

WHAT IS YOUR FAVORITE KIND OF PLATFORM OR PRODUCT TO HACK?
WEBSITES : 70.8%
IOS MOBILE APPLICATIONS : 1.4%
ANDROID MOBILE APPLICATIONS : 4.2%
DOWNLOADABLE SOFTWARE : 2.5%
WINDOWS MOBILE APPLICATIONS : 0.1%
COMPUTER HARDWARE: 0.5%
FIRMWARE : 1.3%
OPERATING SYSTEMS : 3.1%
INTERNET OF THINGS WEARABLES/APPLICATIONS : 2.6%
APIs : 7.5%
TECHNOLOGY THAT I’M A USER OF THAT HAS MY DATA : 5.0
SUPPLY CHAIN PARTNER: 0.3%
EVALUATING THE TARGETED TECHNOLOGY TO BUY OR USE : 0.7%


Para hacker menyukai berbagai kegiatan hacking untuk berbagai tujuan, banyak diantaranya melakukan hack untuk mendapat uang, jangan heran total uang disini bisa berjuta-juta USD.

WHY DO YOU HACK?   
TO MAKE MONEY        13.1%
TO BE CHALLENGED    14.0%
TO LEARN TIPS AND TECHNIQUES     14.7%
TO HAVE FUN        14.0%
TO SHOW OFF        3.0%
TO ADVANCE MY CAREER    12.2%
TO HELP OTHERS        8.5%
TO DO GOOD IN THE WORLD    10.0%
TO PROTECT AND DEFEND    10.4%


Diperkirakan bahwa berdasar laporan dari HackerOne pada tahun 2020 nilai bisnis bagi bounty hunter dapat mencapai anggaran hingga 100 juta USD.


Jika tertarik bergabung atau mencari lowongan hacking yang tersedia saat ini dan akan datang maka sebaiknya bergabung melihat situs HackerOne.