OF COURSE I STILL LOVE YOU MENJATUHKAN ROKET KE LAUT

OF COURSE I STILL LOVE YOU MENJATUHKAN ROKET KE LAUT

16 Apr 2019

OF COURSE I STILL LOVE YOU bagi SpaceX adalah nama sebuah drone yang berbentuk kapal tongkang dan bertugas menjadi tempat mendarat roket SpaceX di laut.

Barge atau kapal tongkang ini memang memiliki nama Of Course I still Love You dan bertugas dengan keras ditengah ombak menangkap semburan roket kemudian membawa balik ke Port Canaveral California. Kadang namanya disingkat menjadi OCISLY.


SpaceX membuat dua Kapal Tongkang untuk menangkap dan mengirimkan roket yang baru bertugas, kedua Kapal Tongkang ini bernama "Just Read the Instructions." dan yang kedua bernama "Of Course I Still Love You,". Elon Musk memberikan nama tersebut untuk mengenang wahana luar angkasa yang bisa terbang karena dilengkapi autonomous artificial intelligences, yang merupakan salah satu wahana yang ada pada novel The Player of Games yang ditulis oleh Iain M. Banks.

Sedang Kapal Tongkang yang ketiga masih dalam pembuatan dan akan diberi nama "A Shortfall of Gravitas" sebagaimana yang disebutkan oleh Elon Musk pada twitter di taun 2018.

Dalam penerbangan sebelumnya, SpaceX berhasil mengirimkan Arab Sat dengan roket terbesar di dunia saat ini. Ketiga roket Falcon 9 berhasil mendarat sempurna balik ke Bumi.

Sesudah gegap gempita disambut berhasil kembali ke Bumi, roket Falcon 9 yang berposisi di bagian tengah ini mendarat di laut.

Roket bagian tengah ini disebut sebagai Falcon Heavy center core mendapat perjalanan yang sangat menantang, roket yang mendarat di laut dibawa ke Port Canaveral melalui gelombang tinggi dan disayangkan ditengah perjalanan roket ini terjatuh ke laut dan tidak dapat ditolong.

Pertengahan tahun 2019 SpaceX akan menggunakan kembali roket terbesar tersebut menggunakan 2 Falcon 9 yang kemarin mendarat dan siap meluncur kembali ke laur angkasa.