SENSOR SIDIK JARI SAMSUNG GALAXY 10 BISA DITIPU

SENSOR SIDIK JARI SAMSUNG GALAXY 10 BISA DITIPU

8 Apr 2019

SAMSUNG GALAXY 10 memiliki fitur dimana posel bisa dikunci (lock) dan untuk membuka kunci tersebut dapat menggunakan sidik jari.

Bagaimana jika ada ponsel yang ingin dibuka tetapi orangnya tidak ada hanya ada bekas sidik jarinya di gelas? Maka hal tersebut juga bisa dipakai untuk menipu ponsel Samsung Galaxy untuk membuka kuncian (lock).

Seorang pengguna Reddit menggunakan photoshop dan printer 3D untuk membuat sidik jari palsu dan ternyata bisa dipakai untuk mengecoh ponsel Samsung Galaxy 10.


Sidik jari palsu ini perlu tekanan dari pengguna sewaktu ditempel pada bagian sensor, sidik jari palsu tersebut tidak bisa hanya tergeletak menempel layar sentuh sensor. 

Pengguna iseng ini memiliki nickname dengan sebutan darkshark, pengguna ini membutuhkan sekitar 13 menit untuk membuat cetakan sidik jari dan siap dipakai.

Proses yang dipakai adalah mengambil garis sidik jari dari gelas kaca, kemudian menggunakan photoshop untuk menjadi input software berikutnya. Dari file tersebut dibuat bentuk 3 dimensi menggunakan 3ds Max. Sesudah siap dari 3ds Max maka dapat di print.

Sesudah di print maka hasil sidik jari dapat ditempelkan pada layar sensor dan ditekan oleh pengguna lain agar mengaktivasi capacitive input.

Ponsel memang biasanya perlu capacitive input untuk membuka lock sebagai pembeda bahwa yang menyentuh adalah manusia secara sengaja (bukan tersentuh kayu atau kain yang memiliki pola sidik jari secara tidak sengaja).

Capacitive input terkadang disebut juga dengan capacitive sensing (atau capacitance sensing) merupakan teknologi sensor dimana alat yang dipakai dapat mendeteksi adanya hal kondusif (seperti kulit manusia yang dapat mengalirkan listrik) dan berbeda dengan sentuhan atau hambatan udara atau air yang bersentuhan dengan sensor tersebut.