Page Nav

HIDE

Classic Header

{fbt_classic_header}

Top Ad

Breaking News:

latest

SPACEX FALCON HEAVY, KEBERHASILAN 3 ROKET FALCON 9 DIGABUNG

SPACEX FALCON HEAVY merupakan roket terbesar yang tersedia dan siap membawa beban terberat yang perlu dibawa ke luar angkasa saat ini. Rok...

SPACEX FALCON HEAVY merupakan roket terbesar yang tersedia dan siap membawa beban terberat yang perlu dibawa ke luar angkasa saat ini.

Roket ini menjadi roket terbesar dengan ukuran yang lebih berat jika dibanding dengan pesawat Boeing 737 dengan penumpang, bahan bakar dan muatan koper yang penuh pada pesawat 737 tersebut.


SpaceX saat ini baru saja membuat sejarah baru dengan berhasil membuat roket terbesa yang berhasil mengemban tugasnya membawa satelit Arab Sat dengan roket terbesarnya Falcon Heavy.

Yang menarik dari SpaceX adalah selalu menggunakan pendekatan yang realistis dan efisien sehingga bisa diterapkan dalam waktu yang cepat.

SpaceX Falcon Heavy sendiri sebetulnya gabungan dari 3 buah roket yang bernama Falcon 9. Falcon 9 sendiri adalah roket kecil yang memiliki 9 mesin roket kecil yang bisa sinergi bertugas dengan harmonis untuk peluncuran lift off atau untuk pendaratan yang disesuaikan besar dorongannya.

SpaceX sendiri untuk peningkatan penggunaan roket besarnya mempersiapkan menjadi pabrik mesin roket terbesar didunia. Dalam seminggu SpaceX diharapkan nantinya dapat membuat 5 mesin roket. Saat ini SpaceX sudah mencetak setidaknya 100 mesin roket.

Sebagai gambaran kekuatan Roket Falcon Heavy ini, setidaknya seolah berukuran seperti 3 x 9 Mesin Falcon 9 (disebut sebagai Mesin Roket Merlin 1D setiap satu semburan mesin roket ini).


Satu dari Merlin 1D ini dapat membuat 40 mobil terangkut ke udara, dapat dibayangkan kekuatan 9 x 3 x 40 mobil. Sembilan dari mesin roket ini (atau sebuah roket Falcon 9) memerlukan sekitar 1 menit untuk membakar bahan bakar cair yang berjumlah sebanyak kolam renang (sekitar 540 gallons per detik atau sekitar 200 liter perdetik). Biasanya 2 Falcon 9 difungsikan menjadi booster dan bekerja selama sekitar 2 hingga 3 menit.




Sebuah roket dapat berjalan selama sekitar 3 menit dari pantai di California dan dalam waktu sekitar 7 hingga 10 menit kemudian dari luar angkasa sudah dapat kembali ke tempat peluncuran, berbeda dengan Jakarta yang macet. 7 menit anda tidak bergerak kemanapun sepertinya.