DEMO JAKET TAHAN PELURU, BISA DIBELI JIKA PERLU

DEMO JAKET TAHAN PELURU, BISA DIBELI JIKA PERLU

1 Mei 2019

BULLET PROOF VEST atau rompi tahan peluru biasanya di film-film terlihat berat, tebal dan tidak cukup modis untuk dipakai jalan-jalan.


DuPont membuat jaket tahan peluru berbentuk jaket yang terlihat gaul. Jaket ini memang tahan peluru (untuk peluru dan pistol kelas ringan), sebuah demo memperlihatkan hal tersebut.


Hati-hati saja, demo ini dilakukan di area terkontrol dengan ukuran dan pertimbangan yang matang oleh tim ahlis. Jangan sembarangan dilakukan.

Yang menarik dari jaket ini adalah telah tersedia jaket dari bahan kevlar sehingga tahan tembakan dan cukup bisa pede melindungi diri namun tetap terlihat modis.

Kevlar® XP™ technology adalah sebutan dari jaket ini oleh DuPont dan memang tersedia untuk melindungi diri dari tembakan peluru ringan (kelas Soft Body Armor).

Kevlar® XP™ technology for Soft Body Armor helps offer more bullet-stopping power. This patented technology helps provides approximately a 15% reduction in back face deformation and superior ballistic performance in a 100% Kevlar® solution. Kevlar® XP™ for Soft Body Armor technology  helps manufacturers provide  more comfortable vest designs with at least a 10% reduction in overall weight, helping to give officers the freedom of movement they need to protect themselves, their partners, and the public.

Rompi tahan peluru ini secara umum bisa disebut 10% lebih ringan dibanding kelas sejenis dan ini merupakan pengurangan beban yang cukup besar. Bisa terasa memang jauh lebih ringan dibanding kelas sejenis bagi pemakainya.

The following table — provided by the National Law Enforcement and Corrections Technology Center-National — is updated whenever new armor is found compliant with NIJ Standard-0101.06 for ballistic resistance.

Jaket tipe ini cocok bagi perlindungan diri dari peluru kelas ringan dan cocok dipakai bagi polisi yang terbiasa mendapat resiko serangan perluru tipe tersebut. Perlindungan dari jaket ini sesuai dengan standar pemerintah Amerika bagi Body Armor kelas NIJ Standard-0101.06.

Walaupun jaket ini tahan peluru, seperti dalam suatu film tertentu memperlihatkan dampak impact peluru bisa besar.

Peluru memiliki berat (atau massa) kecil tetapi memiliki kecepatan tinggi sehingga dampak hantaman (impact) bisa sangat besar. Jika tertumbuk peluru walaupun dengan menggunakan jaket bisa jadi seperti seperti dihantam palu tumpul dibagian tumbukan peluru tersebut.