KARYA ARSITEK KOICHI TAKADA - ARCH SYDNEY -->

KARYA ARSITEK KOICHI TAKADA - ARCH SYDNEY

18 Mei 2019

KOICHI TAKADA memiliki banyak karya arsitek indah di berbagai negara baik skala besar ataupun skala kecil. Arch Rooftop Garden yang berada di Sydney Australia merupakan salah satu karya yang sangat indah menarik.


Sesuai namanya, bangunan bergaya melengkung terlihat baik dari luar dan dari dalam dan membuat hiasan tersendiri bagi bangunan ini.



Secara harmonis dan indah arsitek Koichi Takada ini berhasil memadukan geometri, struktur dan keperluan keindahan bangunan.

Bahkan arsitek ini juga secara inovatif membuat tambahan struktur dan garis tambahan sebagai pemanis dan hiasan bagian dalam sehingga lengkungan Arch terlihat tidak hanya di bagian luar tetapi bahkan dibagian tengah.


Tambahan hiasan ini tetap membuat harmonis antara lengkung bangunan utama dan bagian dari struktur bangunan secara umum.


Bangunan ini juga merupakan bangunan yang ingin memperlihatkan bentuk kehidupan perkotaan yang bersatu padu secara halus dengan garis langit.

Located in a key heritage precinct in Sydney’s CBD, the building is designed to reactivate its surroundings and extend to the broader urban context, ultimately reshaping and softening the city’s skyline.

Inspired by the masonry character of significant heritage buildings and their characteristic arches, a duality is introduced to the façade, represented by the varied aesthetics of the podium and tower.

Informed by the curvilinear nature of Australia and the brickwork in neighboring buildings, the materials and details of Arc by Crown Group have a level of intricacy and authenticity that enrich and invite a heritage appearance.


Bangunan ini disentuh dengan persyaratan agar tetap harmonis dengan bangunan lain dan bangunan lama yang berupa lengkungan dari batu bata merah gaya lama. Bangunan dan interior dari karya arsitek Koichi Takeda harus bersatu padu dengan bagian artistik ini.


Bangunan di Syned tersusun indah dan memang Sydney sendiri terkenal sebagai salah satu kota yang indah dengan bangunan tinggi yang harmonis dengan kesan feminim dengan berbagai garis lengkung hiasan pada gedung-gedung yang berada di Sydney.

“Everything you see in Sydney is very feminine, very curvilinear. So beautiful. We should be connecting to that. It became a conscious decision to crown the building with an architectural feature that relates to how people perceive Sydney. We have taken a risk, and hope others will read this as a message to take one too,” says Koichi Takada.
Responding to a challenging brief, Koichi Takada was able to compose a structure of balanced confronting forms and materiality. The tower, when viewed from within the through-site link and surrounding vantage points, sculpts the city skyline.

Dengan sendirinya Arch Rooftop Garden harus menyesuaikan dan harus harmonis dengan gaya bangunan dan bangunan itu sendiri.


Arsitek Koichi Takada memang sangat piawai membuat karya yang harmonis, bahkan karya sentuhan arsitek ini menyentuh hingga ke bagian detail bersatu dengan tema utama dan tema bangunan lain.


    Project ARC by Crown Group
    Location 161-165 Clarence Street & 304 Kent Street, Sydney
    ClientCrown International Holdings Group
    Status Under Construction
    ArchitectureKoichi Takada Architects
    Builder Hutchinson Builders
    CGI Integrated Design Solutions and KTA
    Structural Engineer Van Der Meer Consulting
    Engineers BSE Engineers, C&M Consulting, Windtech Consulting, Acoustic Logic
    Facade Engineer Surface Design
    Geotechnical Engineer Douglas Partners
    Fire Engineer Holmes Fire
    BCAVic Lilli + Partners
    Planning JBA Urban
    Traffic Colston Budd Hunt & Kafes
    Waste Elephant Foot