FACEBOOK LIBRA, BENTUK LAIN BITCOIN UNTUK MEDSOS DAN SMART CONTRACT?

FACEBOOK LIBRA, BENTUK LAIN BITCOIN UNTUK MEDSOS DAN SMART CONTRACT?

19 Jun 2019

FACEBOOK masih kental dengan posisi tidak setuju terkait crypto, perusahaan ini secara mengejutkan beberapa bulan lalu menolak iklan dan pemberitaan terkait crypto atau Bitcoin sejenisnya berada didalam layanan Facebook.

FACEBOOK LIBRA CRYPTOCURRENCY



Saat ini Facebook secara mengejutkan mengeluarkan pernyataan yang tentu saja disambut gembira para Cryptolanders karena Facebook ternyata akan meluncurkan Libra.

Berita ini sudah tentu sangat menyenangkan bagi para Cryptoland karena sudah pasti aplikasi atau koin crypto ini akan semakin memperkuat posisi uang digital sejenis Bitcoin. Kelahiran dari Libra juga akan mendorong terciptanya mata uang yang dapat dengan mudah dipakai dan digunakan oleh manusia secara masal seperti penggunaan uang digital BAKKT.

Libra memang secara mendasar mungkin mirip dengan BAKKT dimana koin atau sistem ini didukung oleh raksasa besar yang siap membuat aplikasi menjadi tangguh dan mudah dipakai. Libra memiliki potensi untuk menjembatani kesenjangan antara jaringan keuangan tradisional dan teknologi mata uang digital baru, sambil mengurangi biaya untuk semua orang

Libra pada prinsipnya didukung oleh organisasi bernama Asosiasi Libra dan rencanya akan menggunakan program yang besa dikembangkan dan terbuka bagi khalayak umum.

Asosiasi Libra atau Libra Association adalah nirlaba independen beranggotakan 28 perusahaan. Asosiasi ini berbasis di Jenewa, Swiss, dan akan mengawasi keputusan besar tentang koin digital Libra. Saat ini kenaggotaan masih terbuka lebar walaupun tentu saja keanggotaan ini bukan keanggotaan yang mudah dimasuki oleh berbagai pihak.

Anggota asosiasi ini sudah terdiri dari banyak raksasa besar teknologi dan keuangan seperti juga dengan BAKKT, didalamnya sudah termasuk Mastercard Inc, Visa Inc, Spotify Technology SA, PayPal Holdings Inc, eBay Inc, Uber Technologies Inc dan Vodafone Group Plc, serta perusahaan modal ventura Andreessen Horowitz dan Thrive Capital.

Untuk menjadi anggota di Asosiasi Libra harus turut berinvestasi. Investasi minimum US$ 10 juta diperlukan untuk dapat bergabung dengan asosiasi ini, kecuali untuk anggota nirlaba seperti grup inklusi keuangan Kiva.

Kedepannya asosiasi ini menargetkan memiliki 100 anggota pada saat koin Libra dirilis. Koin Libra sendiri saat ini masih dalam konsep dan persiapan peluncuran. Semua pihak ini diharapkan akan memiliki hak voting mengenai arah uang digital ini akan kemana dan seperti apa.

Seperti juga dalam penggunaan Bitcoin, pengguna perlu wadah atau program khusus untuk menyimpan koin yang dipakai. Libra juga demikian.

Facebook, bersama anggota Libra Association, akan memiliki hak untuk memberikan suara dalam pengambilan keputusan kelangsungan mata uang ini. Facebook juga secara terpisah mengembangkan dompet digital untuk Libra, yang diberi nama Calibra

Akan seperti apa Libra dari Facebook ini?


Belum bisa dipastikan bentuk dan fungsinya seperti apa, minimal secara umum koin Libra ini akan mudah dipakai baik dengan WhatsApp, Telegram atau aplikasi lainnya yang ada di Facebook atau aplikasi lain pendukungnya seperti Paypal, VISA, Mastercard dan lain-lain. Tentu ini akan sangat menggembirakan dan akan sangat memudahkan penggunanya.

Kemungkinan lain juga Libra bisa mendorong penggunaan masal uang digital Crypto menjadi lebih mudah. Libra sendiri tidak diketahui akan menjadi uang digital dengan harga yang seperti bagaimana, apakah uang ini akan dikaitkan tetap seperti USDT (USD Tether) yang tetap bernilai 1 dolar US atau akan menjadi seperti Bitcoin yang bisa naik dan turun nilainya secara bebas?

Tentu Facebook tidak mau jika gaji pegawainya dibayar dengan Libra dan ternyata Libra memiliki nilai yang fluktuasi seperti roller coaster.