APA, BAGAIMANA DAN KAPAN APPLE CARD MULAI DIPERGUNAKAN?

APA, BAGAIMANA DAN KAPAN APPLE CARD MULAI DIPERGUNAKAN?

31 Jul 2019

APPLE dalam waktu dekat akan mengumumkan produk baru, tepatnya akan ada dua produk baru yang akan diperkenalkan kepada pengguna Apple. Produk pertama Air Power dan yang berikutnya adalah Apple Card.


Apa itu Apple Card?

Apple Card seperti namanya adalah barang yang berfungsi seperti Kartu Kredit (Credit Card) yang dikeluarkan oleh Apple.

A new kind of credit card.
Created by Apple, not a bank.


Apple Card memiliki kelebihan dibanding kartu kredit yang saat ini banyak dipakai. Apple Card pada prinsipnya terpasang langsung bersatu dengan ponsel iPhone. Lokasi dari aplikasi kartu ini setidaknya akan secara khusus ditempatkan di Apple Wallet (di dalam folder wallet - sama dengan lokasi jika bermaksud menyimpan boarding pass pesawat terbang sewaktu difoto oleh iPhone).

Apple Card ini memang berfungsi seperti kartu kredit pada umumnya, setiap pembayaran yang menggunakan kartu kredit (terutama Mastercard) maka kartu ini bisa dipakai dan memiliki interface terkait data penggunaan kartu ini secara informatif.

Setiap transaksi dapat dicatat dan ditampilkan dengan interaktif dengan informasi terhubung dengan Apple Map. Nama lokasi belanja, barang,dan jenis tampilan pada ponsel dibuat interaktif dan mudah dimengerti.

Seperti pada contoh gambar Apple Card, kartu ini tidak memiliki nomor rekening atas kartu tersebut, rekening atau akun kartu dikaitkan dengan identitas/nomor ponsel.

Bagaimana Cara Kerja Apple Card?

Secara umum kredit atau perubahan nilai dari uang yang ada di ponsel terikat ke aplikasi di ponsel. Aplikasi ini yang berfungsi sebagai perantara pengguna dan pembayaran. Penggunaan aplikasi ponsel menjadi ujung tombak penggunaan transaksi yang terjadi, kartu kredit dari Apple juga dapat berbentuk kartu seperti kartu kredit biasa untuk pengguna yang disetujui Apple

Bentuk kartu kredit tampilan titanium untuk Apple Card, saat ini belum jelas dimana dapat dipergunakan walaupun sudah sekitar 1 bulan para pegawai Apple menggunakan kartu ini.

Apple juga mendorong pengguna untuk sering memakai Apple Card dengan beberapa piihan reward, atau disebut dengan Daily Cash uses a 3-2-1 model. 

Get 3% back on everything you buy from Apple, whether you buy it at an Apple Store, apple.com, the App Store, or iTunes. That includes games, in‑app purchases, and services like your Apple Music subscription and iCloud storage plan.
2%

Get 2% back every time you buy something using Apple Pay. That’s in every category, with no limits. Imagine all the things you use a credit card for every day — at Target, Walgreens, Lyft. You’ll get 2% back on just about everything.
1%

If you happen to come across a store, website, or app that doesn’t take Apple Pay yet, Apple Card still gives you 1% of your purchases back in the form of Daily Cash.

Pengguna mendapat cash back dari sekitar 3%, 2% hingga 1% dari total pembelanjaan. Sistem perbankan yang dipakai Apple Card di Amerika menggunakan Goldman Sachs dengan sistem jaringan Mastercard dan aplikasi Apple.


Untuk saat ini secara bertahap hanya beberapa pengguna di Amerika yang diperbolehkan menggunakan aplikasi ini dan sepertinya akan menggurita dipakai banyak orang, penghasilan tambahan bagi Apple.