BLOK KACA TOILET MENJADI KARYA ARSITEK INDAH

BLOK KACA TOILET MENJADI KARYA ARSITEK INDAH

17 Jul 2019

BLOK KACA sangat unik dan mudah dikenali, tebal, tembus pandang, bentuknya mirip batu-bata yang terbuat dari kaca kotak.


Blok kaca jika disusun dan dilengkapi susunan bagian dalam yang pas dapat menjadi karya seni arsitektur yang indah. Ide tersebut dipakai oleh Archismith Architects untuk membuat The Glass Fortress di Bangkok, Thailand.


Seperti namanya, The Glass Fortress adalah bangunan yang terdiri dari blok kaca yang dibentuk menjadi benteng terbuat dari kaca, benteng kaca yang indah dan nyaman.



Untuk membuat kotak kaca ini diperlukan sebanyak 20 ribu balok kaca toilet yang dipakai, dimana bentuk yang dipilih adalah kotak persegi kubus dan terkesan kokoh tetapi harmonis dengan pohon dan jalanan sibuk disekitarnya.



Perkuatan dari benteng kaca ini dibuat pada bagian dalam dimana dari sisi luar hanya terlihat sebagai tumpukan kaca sergam. Pada bagian dalam, kolom beton penguat terlihat dan bagian kolom ini harus disembunyikan dengan hiasan interior yang juga hiasan tersebut berfungsi meredam suara dan bunyi bising yang dapat timbul dari luar benteng kaca.



Badian dalam dari benteng kaca ini nyaman, terang, segar dan cenderung lebih senyap diredam kaca dan pohon hijau sebagai hiasan utama bagian dalam.


Ruang tunggu dan bisnis dari bangunan ini sangat terintegrasi dan nyaman. Cocok untuk titik presentasi bagi bisnis penjualan kondo mewah. Tempat benteng kaca ini memang menjadi titik temu antara calon pelanggan kondo dan perusahaan pembangun kondominium di Bangkok.


Dilihat dari bagian atas akan memberi ide lebih besar mengenai bagaimana bangunan benteng ini tersusun. Bagian depan dari benteng kaca hanya berupa pintu masuk dan berupa alur masuk jalan kaki disela hutan kecil hijau yang indah.


Dimalam hari juga keindahan dan harmonisasi bangunan ini di dalam dan diluar tetap terjaga, bangunan benteng ini tetap indah dan nyaman.


Ide ini bisa sangat menjual bagi titik kumpul di suatu tempat rekreasi atau bagi tempat makan, titik indah yang akan banyak memicu selfie.