LOTUS EVIJA, SEPERTI SEQUEL DARI EVORA, SANGAT DAHSYAT

LOTUS EVIJA, SEPERTI SEQUEL DARI EVORA, SANGAT DAHSYAT

17 Jul 2019

LOTUS saat ini sudah berganti tangan ke perusahaan Cina bernama Group Geely. Group Geely ini baru saja meluncurkan produk pertama Lotus semenjak dipegang perusahaan Cina.


Jika melihat bentuk dasarnya maka orang akan berpendapat mengenai bentuk ciri khas mobil balap keluaran Lotus, Evija (dibaca Eviya) mirip dengan seri Evora. Namnya mirip.

Mobil Seri Lotus Evora adalah nama produk yang dihasilkan dari program bernama Project Eagle pada 22 Juli 2008 sewaktu pertama kali diperkenalkan pada British International Motor Show.

Kemudian seri Evora ini diperbaharui dengan munculnya The Evora S di tahun 2010 dengan mesin Supercharged 3.5-litre V6. Pada tahun 2015, seri Evora lain lahir dengan nama Evora 400 yang diperkenalkan pada Geneva Motor Show. Versi terakhir dari Evora ini muncul pada tahun 2017 dengan nama Evora GT430.

Bisa disebutkan bahwa pabrikan berumur 71 tahun ini baru memperkenalkan model baru saat ini di 2019 setelah terakhir sekitar 11 tahun lalu mengeluarkan seri Evora.

Sesudah dibeli oleh perusahaan Cina, perusahaan ini memperkenalkan konsep mobil yang lebih modern dengan tenaga listrik.

Mobil listrik Evija ini hanya akan dibuat sejumlah 130 unit saja, jangan ketinggalan jika ingin memiliki mobil ini. Perkiraan harga sekitar 1.86 juta USD.

Mobil ini sangat terlihat sporty dan tentunya aeordinamis juga, bentuk mobil yang indah ini tidak hanya sewaktu rapat tertutup, mobil ini juga terlihat gagah dan kokoh.


Jika diperhatikan maka mobil ini mirip seperti Tesla, tidak ada pegangan pintu untuk membuka atau menutup pintu mobilnya. Sangat halus dan cantik.


Jika tertarik memiliki mahakarya seni dan bisa ngebut ini maka selain harus menyiapkan uang sekitar 24 miliar rupiah juga harus sabar menunggu. Mobil ini akan mulai diproduksi dan siap diluncurkan sekitar tahun 2020.

Mungkin pembeli harus mempertimbangkan hal lain, suara mobil ini sekarang sedang dipilih dan rencananya pemilik mobil dapat memilih seperti apa suara (mesin dan knalpot) mobilnya.

Mobil ini tidak usah diragukan kinerjanya, mobil dapat meluncur hingga 100 km per jam dibawah 3 detik dan memiliki kecepatan maksimal hingga diatas 320 km per jam.

Spesifikasi Mobil Lotus Evija - 2019

250 miles of range - sekitar 402 km;
car can be charged to 80 percent from zero in just 12 minutes on 350kW chargers (seperti ketentuan listrik mobil VW atau Volkswagen Electrify kalo di Amerika);
Full Charge dengan 350kW sekitar 18 minutes;
full charge dengan 800kW charging sekitar 9 menit;
Sekitar 1,680 kilograms atau sekitar 3,700 pounds;

Perusahaan Cina saat ini sangat lincah dan gencar melakukan ekspansi ke berbagai industri dan negara, tidak hanya Lotus telah diambil pengusaha Cina sebelumnya Volvo juga memiliki nasib yang sama.