URGETN/11 BISA MEMBUAT 200 JUTA PERANGKAT ONLINE DIAMBIL ALIH

URGETN/11 BISA MEMBUAT 200 JUTA PERANGKAT ONLINE DIAMBIL ALIH

30 Jul 2019

200 JUTA perangkat yang terhubung dengan internet diperkirakan saat ini memiliki resiko tinggi dan resiko tersebut dapat membuat perangkat yang terhubung dapat diambil alih 100%.

Perangkat yang tersambung ke internet tersebut tidak hanya komputer secara khusus, semua perangkat yang dipakai baik terkait medis, peralatan kerja khusus dan alat elektronik terindikasi memiliki celah lemah ini dan celah ini dapat di ekploitasi oleh hackers.

For the 200 million devices Armis estimated are running a version that’s susceptible to a serious attack, however, the stakes may be high. Because many of the vulnerabilities reside in the networking stack known as IPnet, they can often be exploited by little more than boobytrapped packets sent from the Internet. Depending on the vulnerability, exploits may also be able to penetrate firewalls and other types of network defenses. The most dire scenarios are attacks that chain together multiple exploits that trigger the remote takeover of multiple devices.

Celah dari 200 juta perangkat yang ada di dunia ini diketahui berdasar laporan dari konsultan IT Windriver yang menulis pada blog perusahaan tersebut.


Ada beda pendapat terkait estimasi jumlah perangkat yang berada dalam kondisi resiko tinggi ini, sebagian pengamat menyebutkan bahwa angka tersebut bisa lebih rendah dan resiko tersebut bisa berbeda antara satu perangkat dan perangkat lain.

Celah resiko ini pada prinsipnya adalah celah kelemahan yang dapat terjadi karena suatu perangkat menggunakan piranti lunak yang memakai software VxWorks.

Kelemahan pada piranti VxWorks ini disebut dengan sebutan Urgent 11 atau Urgent/11 oleh pengamat IT yang mengeluarkan laporan ini.

Pengamat IT lain berpendapat bahwa VxWorks disisi lain selalu dibuat dengan cara penyesuaian khusus pada perangkat keras khusus. Perkiraan celah ini berdampak kepada 200 juta alat terhubung internet sepertinya terlalu besar karena kemungkinan besar VxWorks satu dan lain berbeda celah dan tingkat resiko yang terjadi.

Ada baiknya jika perusahaan anda menggunakan perangkat terkait VxWorks ada baiknya melihat kemungkinan resiko ini dan membuat pencegahan yang terbaik.

Mungkin VxWorks bukan sesuatu yang mudah dikenali bagi kebanyakan orang tetapi sebetulnya banyak orang atau hampir semua orang terkoneksi pernah menggunakan produk atau jasa terkait VxWorks.

VxWorks has been the industry-leading real-time operating systems (RTOS) for building embedded devices and systems for more than 30 years. Its rich functionality helps our customers deploy innovative products while lowering costs and shortening production cycles.

VxWorks® provides a family of products that deliver all the scalability, safety, security, and virtualization capabilities you need to meet today’s development challenges for building intelligent, connected systems.

With VxWorks, you can meet the strict deterministic performance and reliability requirements of today’s always-connected world. VxWorks fulfills needs for security, safety certification, scalability, virtualization, and ever-evolving rich features alongside world-class long-term support and advanced tools. 


VxWorks biasanya terpakai bagi perangkat otomatisasi atau perangkat keras yang terkoneksi dengan jaringan komputer yang dapat mengendalikan perangkat keras dengan suatu logic yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Jika anda pengguna produk otomotif versi terakhir atau menggunakan perangkat transportasi canggih maka anda pengguna VxWorks.