MESIN JAHIT DENGAN ARTIFICIAL INTELLIGENT, MIRIP 3D PRINTER - KNITRATE

MESIN JAHIT DENGAN ARTIFICIAL INTELLIGENT, MIRIP 3D PRINTER - KNITRATE

5 Agu 2019

PRINTER 3D dengan input dari gambar CAD 3 Dimensi sudah mulai umum dan mudah dimengerti, banyak pihak di Indonesia yang mulai membeli untuk pembuatan maket dan pembuatan barang kecil agar rapih dan seragam.

Bagaimana jika ingin membuat baju? Bisakah kita pakai mesin semacam 3D Printer ini? Atau jika ingin membuat baju dengan motif tertentu tetapi desain rumit dan anda bukan desainer baju? Jawabannya adalah CADKnit dan InverseKnit digabung dengan Knitrate.


Ilmuwan AI dan robot dari MIT (Massachusetts Institute of Technology -
Institut Teknologi Massachusetts) saat ini sedang mengembangkan alat jahit khusus yang bisa menjahit sesuai desain dan bahkan dapat mengembangkan berdasar input tertentu karena memiliki kemampuan untuk menggunakan AI (ARTIFICIAL INTELLIGENT).

Alexandre Kaspar adalah salah seorang dari ahli di MIT tersebut yang ingin membuat pembuatan baju jauh lebih mudah.

Untuk membuat ide ini, Alexandre Kaspar membuat sistem yang bernama InverseKnit yang mana akan secara otomatis membuat pola tenun atau pola jahit dari suatu gambar 2 dimensi (2D).

Agar sistem InverKnit bisa berjalan perlu dukungan piranti lunak yang dapat menunjang dan disebut sebagai CADKnit.  CADKnit akan membantu orang yang tidak memiliki pengalaman menjahit dan tidak memiliki desain pola baju untuk membuat detail desain dari suatu gambar dengan pola jahit tertentu.

Apa yang bisa dibuat oleh printer alat jahit robot dengan AI ini?

Bermacam-macam. Sweater, baju, celana, kaos kaki, sarung tangan intinya setiap hal yang biasanya dijahit maka dapat dibuat. Kedepannya kedua peranti lunak ini ingin agar bisa diterapkan bagi semua mesin jahit secara umum.


Prinsipnya sederhana. Ada gambar 2 dimensi dan ada bentuk bahan yang ingin dibuat (baju, celana, kaos kaki dan lain-lain), sesudah dipilih maka hasil desain akan keluar siap untuk dibuat. Alatnya apa?



Saat ini ada alat yang siap dipakai bernama Knitrate. Pada masa awal printer 3D dibuat dan diluncurkan ke pasar maka orang dan pengguna harus penyesuaian dan akhirnya terbiasa. Ada saatnya juga sepertinya mesin jahit dengan AI akan menjadi barang biasa kelak.


Meet Kniterate
Kniterate: the Digital Knitting Machine

$13,399.00 $11,999.00

Until August 23, 2019
(Only available for 18 more days)
REQUEST A SAMPLE
Deposit Payment

Lock in our current pre-order price with this deposit and pay the rest of the balance before we manufacture your unit.

You are pre-ordering a Batch 5 unit, expected to ship in April 2020.

USA, Canada and EU only. Please read carefully the terms linked to each region and note that the deposit is non-refundable.
Pay a deposit of $2,100.00