MESIN KETIK OTOMATIS DARI OTAK TANPA BICARA ATAU MENGETIK

MESIN KETIK OTOMATIS DARI OTAK TANPA BICARA ATAU MENGETIK

2 Agu 2019

FB atau Facebook baru saja megumumkan rencana pembuatan mesin ketik otomatis. Pengguna atau orang yang perlu mengetik tidak usah menggerakan jari dan bahkan tidak perlu mengucapkan sepatah kata sedikitpun.


Pengguna mesin ketik hanya perlu membayangkan bahwa dia berkata apa atau membayangkan bahwa dia ingin mengatakan apa sebenarnya.

TL;DR: At F8 2017, we announced our brain-computer interface (BCI) program, outlining our goal to build a non-invasive, wearable device that lets people type by simply imagining themselves talking. As one part of that work, we’ve been supporting a team of researchers at University of California, San Francisco (UCSF) who are working to help patients with neurological damage speak again by detecting intended speech from brain activity in real time as part of a series of studies. UCSF works directly with all research participants, and all data remains onsite at UCSF. Today, the UCSF team is sharing some of its findings in a Nature Communications article, which provides insight into some of the work they’ve done so far — and how far we have left to go to achieve fully non-invasive BCI as a potential input solution for AR glasses.


Facebook saat ini menerapkan strategi pengembangan yang lebih cenderung melihat komunitas atau skala global bagi media yang ada.

Facebook lebih tertarik mengembangkan teknologi yang bisa dipakai secara luas dan flexible bagi keperluan pengguna, Facebook tidak berfokus kepada strategi pengembangan yang mana yang lebih cocok bagi konektivitas perangkat dalam media yang ada.

Rather than look for a one-size-fits-all connectivity solution, Facebook is investing in a building-block strategy — designing different technologies for different use cases, which are then used together to create flexible and extensible networks.

Alat yang dapat menulis dengan memperkirakan pergerakan otot wajah sudah tentu akan mempermudah dan sudah tentu akan berguna banyak. Alat ini akan secara luas berguna bagi mempermudah pekerjaan orang dan bagi orang tertentu yang mengalami gangguan khusus. Mungkin anda juga dapat mengingat Stephen Hawking, seorang jenius yang mengalami gangguan dalam berkomunikasi secara normal.

Tidak hanya alat yang dapat memperkirakan kalimat atau tulisan dari pikiran (dari gerakan otot wajah/otot yang ada di kepala) tetapi Facebook juga saat ini sedang mencoba mengembangkan teknologi yang dapat mendengar hanya dari getaran (halus) yang diterima oleh kulit.

Cara kerja alat yang dapat menerjemahkan pikiran atau gerakan otot menjadi kalimat dapat dibaca pada posting terkait SPEECH SYNTHESIZER.

Bisa jadi pada saatnya kelak perdebatan akan berlangsung dengan senyap karena kalimat dikirim melalui alat ketik ini dan terkirim melalui WiFi untuk kemudian didebat penerima sinyal dengan cara yang sama.

Bagi anda yang sering berpikiran kotor jangan sampai sinyal WiFi anda tercecer diambil banyak pihak, mungkin demikian?