BOEING VS SPACEX, SIAPA PEMENANGNYA?

BOEING VS SPACEX, SIAPA PEMENANGNYA?

12 Jul 2018

LUAR ANGKASA luas dan bisnis luar angkasa sangat besar, tidak heran jika banyak perusahaan besar berlomba disana. Virgin Galactic, Blue Origin, Orbital, Lockhead Martin adalah nama-nama besar yang berlomba berebut kue.

Ada dua nama khusus yang berlomba untuk membuat wisata ke luar angkasa murah dan menawarkan kunjungan ke Mars. CEO Boeing menyebutkan bahwa Boeing akan mengalahkan Elon Musk untuk kunjungan manusia ke Mars, tentu Elon Musk menerima tantangan yang lebih mendorong kepada menyemangati: Do it.


BOEING perusahaan besar yang namanya diketahui semua orang dan Boeing adalah perusahaan yang membantu Amerika berpacu dalam persaingan luar angkasa dengan Rusia bertahun-tahun (yang lalu).

SPACEX? Pemain baru tetapi handal dengan berbagai konsep dan program yang terbukti membaik tahap demi tahap saat ini.

Perbedaan yang terlihat sangat mendasar adalah program peluncuran wahana ke luar angkasa lebih didominasi SPACEX saat ini dengan salah satu program kunjunga ke Mars. Boeing sendiri adalah perusahaan yang memang dipilih NASA untuk berbagai kegiatan eksplorasi luar angkasa dimana biasanya Boeing merupakan kontraktor utama dengan bantuan dari Pratt and Whitney, Lockhead Martin dan Boeing secara khusus mengerjakan sistem avionik dan integrasi.

Persamaanya, kedua perusahaan tersebut masih belum memiliki Certificate Milestone terkait langkah lanjutan berikutnya:
single non-crewed test flight, 
a test flight with crew, 
and then undergo a certification process to become ready for operational flights.

Berdasar perkiraan NASA, kemungkinan pihak yang paling cepat siap untuk membuat penerbangan komersil dengan membawa awak manusia pada Agustus 2020 bagi Boeing menyelesaikan sertifikasi dibanding SPACEX yang diperkirakan siap paling cepat pada November 2020. Laporan lengkap NASA dapat diunduh disini.


Sesudah siap membawa awak dengan aman ke luar angkasa maka mimpi ke Mars lebih terbuka dan masuk akal dengan harga yang jauh lebih murah.