SAINGAN VENUS, SAAT TERDEKAT DENGAN MARS ADALAH SEKARANG

SAINGAN VENUS, SAAT TERDEKAT DENGAN MARS ADALAH SEKARANG

10 Jul 2018

MARS sangat menjadi perhatian terakhir-terakhir ini karena sekarang memang saatnya anda untuk bertemu Mars dengan langsung tanpa bantuan teleskop. Mars juga memang menarik karena  SPACEX ingin membuat mudah dan murah bagi kebanyakan orang untuk berkunjung. Saat ini adalah saat terbaik melihat Mars karena biasanya Venus lebih mudah dilihat.

Kenapa Venus lebih terang dan lebih mudah terlihat dibanding Mars? Karena Venus paling dekat dengan Bumi dibanding planet-planet lainnya.

Ada beberapa planet yang mudah dilihat dengan mata secara langsung pada bulan tertentu di sore dan pagi hari terutama Mars, Venus dan Merkurius karena ketiga planet ini dekat dengan Bumi. Jupiter, saturnus dan Uranus berjarak lebih jauh tetapi bisa telihat dalam bulan dan langit cerah di pagi hari terutama pada bulan tertentu seperti Desember.

Di pagi hari lebih mudah ditemui planet-planet ini bersinar lebih terang dari bintang dengan memantulkan cahaya dari Matahari. Terutama Venus biasa disebut Bintang Kejora di pagi hari karena paling terang dan paling mudah ditemui sekitar Desember - Januari di sisi langit Selatan. Pada Maret hingga Oktober Planet Venus akan lebih terang pada sore hari disisi Barat (terkadang di sisi Timur - seperti jajaran planet di akhir tahun 2016). Bintang lain seperti Arctarus (atau Akturus) juga bisa muncul jangan tertukar dengan Saturnus (biasanya Venus paling terang, kemudian Akturus dan Uranus paling redup membentuk segitiga).


Saat ini Mars sangat spesial. Mars berada di titik paling dekat, menurut NASA bahwa Mars saat ini akan menjadi titik paling dekat hingga 15 tahun yang akan datang.

Mars akan muncul sesudah malam datang bergerak ke tengah langit dan kemudian bergerak tenggelam ke Barat sewaktu Matahari terbit.


Mars datang dan menjauh Bumi dalam kisaran waktu setiap 2 tahunan. Jika tahun ini anda belum ada teleskop atau belum sempat bermain ke Observatorium Bosscha atau Bosscha di Lembang maka ada kesempatan 2 tahun lagi.