(UNIVERSAL BASIC INCOME) UBI SOLUSI BAGI KAUM MISKIN?

(UNIVERSAL BASIC INCOME) UBI SOLUSI BAGI KAUM MISKIN?

12 Jul 2018

UNIVERSAL BASIC INCOME saat ini menjadi isu serius bagi perusahaan multinasional terutama bagi perusahaan yang dianggap Unicorn.

Y Combinator dan Facebook saat ini sedang berusaha untuk menerapkan hal ini terutama di Amerika dimana bagi penerima akan diterapkan nilai minimal untuk mendapat uang perbulan yang cukup bagi kebutuhan tetapi pada angka cukup, angka income ini tidak bermaksud agar orang lantas dengan mudah menjadi kaya.

Universal Basic Income (UBI) ini juga bisa diharapakan lebih global. Mungkin anda dapat bayangkan bahwa pemerintah dapat memberi anda uang minimal bagi setiap warganya dan itu cukup untuk memenuhi kebutuhan. Dimana maksud universal dalam UBI bermaksud agar setiap orang di belahan dunia tertentu cukup dan ini bisa berarti nilai minimal agar secara universal orang cukup akan berbeda.


UBI sangat terasa untuk perlu diterapkan bagi perusahaan unicorns dimana kemungkinan perpindahan pekerja dari suatu lokasi ke lokasi penugasan lain dapat dengan mudah terjadi, sehingga perlu adanya standardisasi untuk nilai minimal yang adil.

Sebuah buku yang ditulis oleh Annie Lowry, berjudul Give People Money membahas bagaimana UBI dapat menjadi solusi bagi kemiskinan global.



Annie Lowrey membuat tulisan tersebut dengan malihat aplikasi studi kasus di Kenya, India, Korea Selatan dan bahkan di Silicon Valley dimana berbagai usaha ada yang gagal dan perlu pembenahan.

Lowrey menelusuri berbagai potensi perbaikan untuk melawan kemiskinan dan juga menelusuri pendapat bahwa orang tidak seharusnya mendapat sesuatu (uang) tidak dari usaha apapun. Lowrey pada suatu titik mempercayai bahwa pemberian cash bagi orang (miskin) dapat menjadi solusi.

Pemberian cash bisa jadi lebih baik dari pada pemberian kupon atau pemberian alokasi tempat tinggal tetapi sebetulnya orang penerima kupon tidak memiliki kemampuan dasar untuk membeli keperluan yang sangat utama.

Bayangkan jika ada suatu perusahaan besar yang mempekerjakan ribuan orang (dan ribuan orang ini memiliki keluarga di rumah). Ribuan orang tersebut mendapat gaji cukup dengan banyak allowance melalui kupon (tidak dengan mendapat cash).

Ternyata dua tahun kemudian teknologi menjadi lebih efisien dan robot menjadi otomatis diambah artificial intelligent yang handal, jangan heran ternyata ribuan orang ini terancam terkena PHK. Bagaimana mereka dapat memperoleh keperluan mendasarnya?

Pada suatu ketika sewaktu membaca buku Annie Lowrey ini maka anda akan sepakat bahwa orang perlu mendapat uang secara cuma-cuma untuk mensejahterakan manusia bersama-sama.