NASA MENGUJI KEHIDUPAN DI MARS DENGAN HIDUP 8 BULAN DI GURUN

NASA MENGUJI KEHIDUPAN DI MARS DENGAN HIDUP 8 BULAN DI GURUN

20 Agu 2018

THE MARTIAN menggambarkan bagaimana rasanya menjadi satu-satunya ahli biologi di suatu planet, Matt Damon memainkan film tersebut dengan rapih dan membuat suasana tegang yang menarik dengan sudut cerita yang sebenarnya sempit, terjebak di Mars.




NASA tentu berusaha menjawab berbagai tantangan hidup di Mars dan semua tantantan tersebut harus bisa dijawab agar semua kru sehat dan selamat.

Bagaimana mencari air? Bagaimana mendapatkan sumber makanan dan energi? Bagaimana menghindari gangguan alam yang tidak cocok bagi manusia di Mars diatas sana?

NASA memiliki program untuk menjawab hal tersebut: hidup di pegunungan di sekitar Hawai yang mirip gurun dan terisolasi. Misi tersebut disebut HI-SEAS mission terkadang disebut sebagai Hawaii Space Exploration Analog and Simulation.



Tidak hanya masalah fisik, masalah fsikologi juga penting karena manusia pada prinsipnya adalah mahluk sosial yang perlu interaksi dan lingkungan untuk beraktivitas.

Para kru yang melakukan hidup dalam habitat ini hanya boleh berjalan masimum sekitar 2 mil (sekitar 3 km) dari titik tenda tempat tinggal habitat.

Tidak hanya masalah di habitat permukaan Mars yang berat, perjalanan menuju Mars juga tidak sebentar dan akan memaksa para astronot untuk berkumpul sekitar 5-8 orang di dalam ruangan sebesar garasi mobil anda.

Jika anda tertarik melihat lebih lanjut seperti apa cerita berbagi makanan terbatas termasuk juga berbagi penggunaan air di Mars maka anda harus melihat cuplikan ini.