BERITA PANAS DAN DINGIN UNTUK MOBIL LISTRIK, CARB, VERA DAN ELON MUSK -->

BERITA PANAS DAN DINGIN UNTUK MOBIL LISTRIK, CARB, VERA DAN ELON MUSK

1 Okt 2018

MOBIL LISTRIK adalah masa depan, mobil ini secara perlahan dan pasti mulai bertambah banyak dan terlihat semakin seksi.


Mobil listrik tidak hanya terlihat keren dan futuristik, mobil listrik menjadi pilihan karena terbukti paling efisien dalam menggerakan mobil menggunakan dinamo atau motor listrik.


Dengan berbagai kelebihan yang dimiliki mobil listrik ini, tidak heran jika pengguna bertambah banyak bahkan teknologi dan peraturan mendukung agar penggunaan mobil listrik meningkat.

Peraturan penggunaan mobil listrik didorong oleh berbagai negara seperti Cina, Norwegia, Swedia dan Jerman yang bertahap menggunakan pemotongan pajak bagi pembelian mobil listrik. Cina bahkan sudah menerapkan pembatasan area bagi penggunaan mobil bahan bakar fosil.

Amerika tentu juga sudah didepan mendukung penggunaan mobil listrik terutama California. CARB atau California Air Resources Board (CARB) mengeluarkan peraturan baru.

CARB menetapkan LCFS (Low Carbon Fuel Standard)  menjadi lebih ketat. Semenjak 2011, peraturan tentang emisi karbon sudah diterapkan oleh CARB. Hasil akhir dari LCFS ini dapat mendorong penggunaan mobil ramah lingkungan menjadi lebih pesat.

CARB mengklaim bahwa di tahun 2017, setidaknya ada sekitar 2 milyar gallon bensin dan gas bumi telah ditinggalkan dalam penggunaan kendaraan ramah lingkungan. Jumlah yang sangat besar.

..... Since 2011, the LCFS has been a cornerstone of California’s effort to reduce greenhouse gas (GHGs) emissions and has spurred innovation in low-carbon transportation fuels such as hydrogen, electricity and biodiesel. Last year, the LCFS resulted in more than two billion gallons of petroleum and natural gas being replaced with cleaner, renewable transportation fuels.

The standard currently requires a 10 percent reduction in the “carbon intensity” of California’s transportation fuels by 2020. Carbon intensity is determined by the amount of carbon emitted throughout a fuel’s entire life cycle, from extraction or production to combustion...

Target CARB adalah mengganti 10% porsi bahan bakar fosil menjadi berbahan bakar yang lebih ramah lingkungan.

Teknologi juga mendukung penggunaan mobil listrik. Berbagai pabrikan besar berlomba mengeluarkan konsep mobil listrik yang semakin modern dan menarik.

Volvo juga mengeluarkan konsep mobil masa depan, mobil listrik yang diusung oleh Volvo adalah truk listrik dan pintar.

Truk Volvo bernama VERA ini dapat menjadi mobil penggerak utama dan dapat ditambahkan muatan bak atau kontainer sebagaimana mobil truk pada umumnya.





VERA sangat efisien dan sangat pintar, mobil ini juga bisa dikendalikan dari jarak jauh untuk operasionalnya. Konsep mobil baru ini akan membuat dunia mobil listrik menjadi lebih meriah dan menarik.

Saingan Volvo yang merupakan pabrikan Amerika bernama TESLA sedikit berbeda, berita suram hari ini karena kicauan tweets Elon Musk untuk membeli balik saham publik Tesla dan ternyata ditemukan bahwa dana untuk buy-back tersebut tidak siap. Tweets Elon Musk ini ternyata berbuntut memberatkannya.

SEC atau The Securities and Exchange Commission atau badan Badan Pengawas Pasar Modal dan Bursa Efek Amerika ini menyelidiki pernyataan Elon Musk dan mendapatkan tidak ada bukti tertulis bahwa rencana pembelian saham tersebut sudah siap dengan dana yang tersedia.

SEC kemudian menuntut Elon Musk dan Tesla dengan berbagai syarat dan denda. Elon Musk pada awalnya tidak menerimanya tetapi akhirnya menerima keputusan SEC kemudian.

Tuntutan yang berlandasan kuat ini membuat Elon Musk setuju dan bersedia mengikuti beberapa syarat yang diajukan.

...The Securities and Exchange Commission announced today that Elon Musk, CEO and Chairman of Silicon Valley-based Tesla, Inc., has agreed to settle the securities fraud charge brought by the SEC against him last week.  The SEC also today charged Tesla with failing to have required disclosure controls and procedures relating to Musk’s tweets, a charge that Tesla has agreed to settle.  The settlements, which are subject to court approval, will result in comprehensive corporate governance and other reforms at Tesla—including Musk’s removal as Chairman of the Tesla board—and the payment by Musk and Tesla of financial penalties....

Ada denda yang harus dibayar sebesar 20 juta USD yang akan dibagikan kepada pihak pemilik saham yang dirugikan dan beberapa syarat lain yang seperti larangan Elon Musk menjadi Chairman Tesla selama 3 tahun.



Tesla pada tahun 2017  mengumumkan mobil keren yang dapat anda buat singkron dengan ponsel anda, jika anda ingin mematikan dan mengunci mobil maka anda tinggal bawa ponsel anda dan pergi.

Bagaimana jika anda ingin membuka pintu dan menyalakan mobil anda? Tinggal dekati mobil anda dan bawa ponsel anda di kantong atau tangan anda.

Jangan hilang ponsel. Jangan kena copet.