CEO GOOGLE HEARING SENAT DAN KOMITE KARENA HASIL SEARCHING 'IDIOTS'

CEO GOOGLE HEARING SENAT DAN KOMITE KARENA HASIL SEARCHING 'IDIOTS'

13 Des 2018

CEO GOOGLE Sundar Pichai dipanggil oleh senat dan komite hukum Amerika karena indikasi pengumpulan data seperti yang juga dituduhkan kepada Facebook.


Hal menarik dari tanya jawab (hearing) tersebut adalah pertanyaan dari seorang senat (Rep. Zoe Lofgren (D-Calif.) ke Sundar Pichai: Jika menggunakan kata Idiot (idiots) maka gambar presiden yang muncul?

Right now, if you Google the word idiot (idiots),.... a picture of Donald Trump comes up,.... how would that happen?




Google melakukan pelacakan dengan memindai kata yang berada di internet kepada (hampir) semua sumber di internet, bermilyar-milyar data dan situs (dan kalimat).

Semua hal tersebut dilakukan rangking berdasar temuan definisi dan data atas 200 kriteria yang mengkalibrasi secara digital benar atau tidak temuan tersebut. 200 kriteria ini seperti tingkat relevan atau tidaknya, isu terbaru, tingkat populer berdasar trend temuan terkini, bagaimana orang menggunakan temuan itu (sama atau tidak).

Sewaktu terjadi pemecatan terhadap seorang pejabat Amerika, bernama John Kelly, beliau menggunakan kata idiots dan sepertinya kalimat ini terekam dan terkait khusus menjadi populer. Jim Mattis juga seorang menteri yang memiliki pemahaman sedikit mirip dengan pandangan politik yang sekarang terjadi.

Jika saja Google adalah seorang anak remaja maka saat ini akan digiring untuk mendapat rehabilitasi, untungnya Google adalah robot dengan otak AI. Belum jelas hukum terkait robot.

Definisi Idiots menurut wikipedia adalah ketidakmampuan secara intelektual menurut hukum dan kemampuan fisik (emosi) sebagaimana juga anak berumur dibawah 2 tahun yang tidak bisa menjaga dirinya.

Idiot was formerly a legal and psychiatric category of profound intellectual disability, where a person's mental age is two years or less, and he or she cannot guard himself or herself against common physical dangers.