DARTBOARD VERSI SEORANG ENGINEER NASA

DARTBOARD VERSI SEORANG ENGINEER NASA

20 Des 2018

DARTBOARD bukan permainan yang mudah untuk dilakukan jika anda ingin mencetak BullsEye  dalam setiap lemparan.

Ada cara untuk mencetak BullsEye dalam setiap lingkaran jika anda menggunakan dart dan dartboard yang dibuat oleh engineer dari NASA.


Dlam keadaan normal tidak mudah untuk mencetak BullsEye bahkan untuk seorang profesional sekalipun, biasanya seorang profesional memilih mencetak nilai dari titik yang lebih besar seperti warna pinggiran atau area batas yang tipis tetapi lebih besar dari BullsEye.


Karena BullsEye memang tidak mudah maka harus dicari cara agar BullsEye bisa dibuat oleh siapapun, tidak perlu anda seorang profesional.


Seorang engineer dari NASA yang sudah bekerja lebih dari 9 tahun dan membuat berbagai perangkat yang berkeliaran di Mars, tantangan ini dapat dilakukan dan perlu lebih dari 3 tahun.

Dart atau panah yang dilontarkan harus memiliki bagian dari sensor gerak yang akan dideteksi oleh Infra Red melalui Vicon motion capture system.

Vicon motion capture system ini akan memberikan input bagi motherboard (komputer) menggunakan Matlab (program numerik) untuk memperkirakan pergerakan parabolik dari anak panah (dart) yang diluncurkan.

Motherboard akan memberikan output berupa perputaran dari 6 motor (6 dinamo) untuk mengulur atau menarik tali yang terkoneksi ke papan target dart.

Papan target dart ini bisa naik turun, ke kiri atau ke kanan beserta bergerak diagonal sesuai arah dari perkiraan dart.

Perkiraan dart dan perkiraan pendekatan agar titik pusat dari papan target bertemu di lokasi yang sama menjadi target dari pergerakan dinamo bagi papan target. Mudah untuk menangkap dan menjelaskan cara kerja papan dart ini  tetapi perlu 3 tahun untuk membuat konsep ini menjadi barang yang bekerja dengan keren dan sesuai target.


Anda mungkin punya ide yang lebih mantap? Membuat komputer yang bisa menjadikan manusia tepat melempar atau menangkap apapun (bukan objek yang bergerak tetapi pelempar yang digerakkan)? Ide startups yang pasti akan sukses?