STARTUPS SUKSES YANG MENGOLAH MIKROBA AGAR OPTIMAL, ZYMERGEN

STARTUPS SUKSES YANG MENGOLAH MIKROBA AGAR OPTIMAL, ZYMERGEN

21 Des 2018

ZYMERGEN bukan perusahaan yang mudah dikenal dan akrab dalam kegiatan harian orang pada umumnya tetapi jika anda telusuri salah satu startups yang sedang naik daun dan mendapat perhatian positif salah satunya adalah Zymergen.


Ide dari Zymergen ini sangat menarik dan diperlukan. Mikroba sebetulnya adalah pabrik alami yang membuat bahan kimia yang diperlukan dengan sangat efisien dan murah.

Anda bisa bayangkan sewaktu anda membuat roti, anda perlu ragi. Sewaktu membuat minuman tertentu akan perlu campuran kimia tertentu, mikroba adalah penyedia kimia murah dan cepat. Bahan kimia selalu diperlukan jika anda perlu makanan atau rasa dengan warna tau aroma tertentu, solusi untuk hal ini bisa dijawab dengan mikroba. Ide brilian.

Zymergen pada prinsipnya akan membuat keperluan kimia melalui optimalisasi mikroba dan bisa melalui perubahan genetik DNA mikroba tersebut secara tepat dengan biaya yang tidak besar agar produksi yang diperlukan sesuai.

Saat ini Zymergen berhasil membantu produksi dari perusahaan besar sehingga lebih efisien dan lebih cepat. Hal yang diperlukan oleh perusahaan besar dan publik sebagai pengguna, produk yang cepat dan tersedia murah tidak mudah dikalahkan.

Zymergen menggunakan komputasi modern (dengan Artificial Intelligent - Robot) dan penyusunan database yang canggih untuk membantu optimalisasi mikroba bagi keperluan industri.

Berdasar catatan keberhasilan Zymergen saat ini, perusahaan 5 tahun ini sudah berhasil membuat ragi menjadi lebih efisien dan lebih cepat bekerjanya dibanding metoda sebelumnya. Perusahaan startups ini juga berhasil membuat OLED (Layar LED yang fleksibel) menjadi lebih cepat dan terindikasi lebih murah.

Konsep perusahaan ini menarik dan tentu saja mendatangkan dana dengan cukup meyakinkan, Softbank terkenal sebagai perusahaan Jepang yang sangat gencar berburu Startups baru untuk dikembangkan menjadi lebih besar dan perusahaan investasi Softbank ini dengan pede menanam uang hingga sekitar 400 juta USD. Saat ini Zymergen sudah berhasil mengumpulkan dana hingga 535 juta USD dan siap melakukan invasi ke berbagai negara.

Zymergen tidak bisa tenang menikmati keberhasilan menarik dana karena memiliki saingan bernama Gingko yang juga kuat dan didukung oleh perusahaan besar seperti Viking Global Investors, General Atlantic dan seorang terkenal bernama Bill Gates.