BIDADARI DAN PEMOTONG KAYU, ARSITEK BERTEMU CERITA RAKYAT -->

BIDADARI DAN PEMOTONG KAYU, ARSITEK BERTEMU CERITA RAKYAT

26 Jan 2019

SEORANG PEMOTONG KAYU merasa rindu dengan anak istrinya di langit tinggi dan ingin bertemu. Solusi yang masuk akal dari pemotong kayu ini adalah membuat menara kayu menjulang tinggi menyentuh ke langit. Harapannya pemotong kayu ini bisa naik melalui menara ini dan masuk ke langit untuk bertemu keluarganya.


Itu juga yang mungkin dibayangkan oleh seorang arsitek bernama Yong Julee yang membuat konsep seni bangunan menara kayu yang bisa membawa Tukang Kayu naik ke langit, menara kayu bersayap yang bisa membawa Tukang Kayu ke langit. Wing Tower adalah nama menara kayu ini.


Bentuk dari menara bersayap ini tidak besar dan cukup cantik menjadi hiasan taman di antara rimbunnya pepohonan kota.


Galeri dari hasil karya seni Yong Julee bisa anda lihat lebih lanjut dari situs Facebook yang memuat foto-foto karya seninya.

Korea’s traditional folktale, ’A Fairy and A Woodcutter,’ has been passed down for generations in multiple version while known for its literary value as a folk literature as well. The encounter and separation between the woodcutter and the fairy form the narrative basis of the story, straddling between then heavenly and earthly worlds. 

Wing Tower is an installation of visualizing a dramatic moment when the fairy left for heaven fluttering her feathers after she found them. This project features a computer-generated dynamic image of a rotating tunnel representing the image as a medium of bridging the heaven and earth. As the cylindrical tunnel moves up, it opens up, breaking into triangles. The rising and splitting space represents the sad visage of the fairy and the despair of the woodcutter. The tower puts visitors in the perspectives of the fairy and the woodcutter. 

Kisah dari Tukang Kayu dan Bidadari ini sebetulnya mirip dengan kisah lokal di Indonesia dimana seorang tukang intip sekaligus klepto yang beruntung mendapat istri bidadari cantik karena kejahilan mencuri baju.


Seorang Tukang Pemotong Kayu di hutan selalu mencari kayu dan selalu membawa kayu di sela perjalanan diantara kayu di hutan untuk dijadikan kayu potong.

Suatu ketika sesudah mencuri baju seorang bidadari maka menjadi orang yang memiliki tawaran menikah paksa ke seorang bidadari tertekan.

Bidadari tersebut kembali ke langit dan dikunjungi si Tukang Pemotong Kayu ini dan sewaktu kembali ke bumi tertidur sehingga ketinggalan last flight. Cukup tragis dan menarik.


Kisah dari cerita tradisional Korea ini bisa anda saksikan dengan gambar halus yang disusun menjadi cerita menarik.