CINA MELUNCURKAN WAHANA KE BAGIAN BULAN YANG TIDAK PERNAH DILIHAT

CINA MELUNCURKAN WAHANA KE BAGIAN BULAN YANG TIDAK PERNAH DILIHAT

4 Jan 2019

TRANSFORMER pernah mengeluarkan sequel berjudul Dark of the Moon. Film ini memicu banyak gosip bahwa di bagian belakang Bulan ada banyak kemungkinan. Bulan memiliki banyak cerita dan banyak gosip.


Bulan selama berputar mengelilingi Bumi selalu memperlihatkan hanya satu sisi, bisa disebut bahwa manusia tidak pernah melihat bagian belakang bulan.


Semua kunjungan wahana manusia saat ini ke Bulan hanya mendarat di bagian depan yang selalu menghadap Bumi, berbeda dengan wahan terakhir dari Cina.


3 Januari 2019 untuk pertama kali baru Chang'e 4 yang berhasil mendarat di bagian belakang Bulan dan mengirim foto yang akan menjadi legenda.


Tujuan paling dekat pihak Cina mengirim wahana ke Bulan adalah untuk memulai mempelajari keadaan disana dan akan memulai pendaratan manusia di sana yang belum diketahui jadwalnya.


Salah satu investigasi yang akan diemban oleh wahana ini adalah untuk mempelajari kemungkinan menanam pohon pada gravitasi rendah di permukaan bulan.

Cina memang sedang memulai program untuk mencoba mempelajari kemungkinan manusia untuk hidup di bulan (di luar angkasa). Chang'e yang akan memberikan input awal mengenai pendekatan metoda yang bisa diterapkan manusia di luar angkasa.

Mungkin anda bertanya, jika wahana ini berada di belakang Bulan dan perlu kontrol termasuk akses pengiriman data bagaimana caranya?

Tentu ilmuwan Cina sudah berpikir lebih jauh. Sebelum Long March 3B meluncur membawa Chang'e 4 menuju Bulan pada 8 Desember 2018 satelite untuk alat komunikasi keperluan Chang'e di belakang Bulansudah diluncurkan.


Satelit untuk komunikasi yang menghubungkan Bumi dengan bagian belakang Bulan ini dinamai dengan Queqiao Probe.

Queqiao Probe ini diluncurkan dari Xichang Satellite Launch Centre pada Mei 2018 dan disiapkan matang siap menerima sinyal dari Change'e 4 sebelum Chang'e 4 diluncurkan.

Saat ini Chang'e 4 sudah berkelana dan memulai mengirim data ke pangkalan luar angkasa Cina. Spektakuler, soft landing yang sukses.


Kita tunggu berita selanjutnya mengenai benih sayuran yang dibawa wahana ini apakah bisa dipanen dan tumbuh dengan baik, tentu menarik untuk panen sayuran dan minum kopi bersama di permukaan Bulan, seperti Nini Anteh.