HATI-HATI, FACEBOOK MENGHAPUS BERITA PARA RESIDIVIS -->

HATI-HATI, FACEBOOK MENGHAPUS BERITA PARA RESIDIVIS

25 Jan 2019

FACEBOOK memperbaharui ketentuan penggunaan dan dampaknya bisa sangat besar. Perubahan peraturan tersebut terkait transparansi dan kenyataan dari isi dan penjelasan berita (update) yang ditulis.

Facebook menjelaskan bahwa perubahan ini terkait adanya indikasi penggunaan Facebook badi penyebaran berita palsu dan bisa merugikan (opini) publik.

Jika sebelumnya terlibat atau bahkan membuat berita palsu, berita tidak berkualitas atau terlibat plagiat mencontek halaman (kualitas rendah) maka jangan heran jika halaman atau posting tersebut dihapus. Bahkan beberapa akun banyak sudah dihapus Facebook saat ini.

Situs Blog Facebook:

We’re taking new steps in how we handle Page content that goes against our policies. First, starting tomorrow people who manage a Page will see a new tab that shows when we remove certain content that goes against our Community Standards and when we reduce the distribution of posts that have been rated false by a third-party fact-checker.

Second, we are updating our recidivism policy to better prevent those who have had Pages removed for violating our Community Standards from using duplicate Pages to continue the same activity. We’ll begin enforcing this policy in the weeks ahead.

Anda juga harus berhati-hati karena berita atau posting yang bernuansa kejahatan akan ditindak (setidaknya akan dihapus) sehubungan dengan dibuatnya perubahan ketentuan kebijakan terkait hal ini (recidivism policy).

Facebook juga sepertinya akan bergerak lebih jauh lagi untuk mulai menindak terhadap berita yang bermutu rendah tetapi saat ini belum. Tindakan lebih lanjut sepertinya akan diterapkan ke posting yang bersifat melanggar policy violations secara umum termasuk jika ada indikasi spam, clickbait  atau pelanggaran terhadap cara akses (identifikasi IP Address).

Kemungkinan paling dekat, Facebook akan melihat dan verifikasi terkait pengguna dan update yang ada di Facebook Pages dan Facebook Groups.

Pada awalnya Facebook Pages diciptakan untuk keperluan profil khusus seperti untuk seleb, tokoh masyarakat atau entitas bisnis dan sejenisnya. Facebook Groups prinsipnya untuk kelompok pengguna yang lebih kecil. Jika anda pemilik group yang sukses (banyak pengikut) sebaiknya hindari pelanggaran terkait aturan Facebook.