MICROSOFT EDGE ANDROID BISA MENDETEKSI BERITA PALSU -->

MICROSOFT EDGE ANDROID BISA MENDETEKSI BERITA PALSU

24 Jan 2019

BERITA PALSU ramai menjadi pemberitaan dan menjadi terdakwa pertama mengenai kenapa Presiden Trump mendapat keuntungan atas konsumsi berita palsu ini di Amerika.

Berbagai solusi dicanangkan termasuk juga membatasi iklan atau berita palsu di beberapa platform seperti Facebook dan masih dirasa kurang. Para jurnalis dan juga ex-intel bekerja sama membuat organisasi yang bertujuan memberikan masukan kepada publik atas tingkat berita yang ada. Organisasi ini bernama News Guard (NewsGuard).

Organisasi ini seperti yang disebutkan dalam tujuannya, menjadi sumber bagi verifikasi berita yang ada karena tim NewsGuard terlatih. Beberapa orang dalam organisasi ini memang orang yang mengetahui pekerjaan tersebut.

Salah seorang pimpinan di NewsGuard adalah Gordon Crovitz. Beliau ini adalah seorang mantan penulis di The Wall Street Journal dan sudah tentu WSJ sangat kompeten dan reliable, memberikan berita yang sangat bisa dipercaya.

Berikutnya di jajaran penasehat organisasi ini, Michael Hayden adalah pensiunan level atas dari CIA (CIA director General - Central Intelligence Agency). NewsGuard bisa menjadi corong untuk membuat klasifikasi suatu berita atau organisasi dapat dipercaya atau tidak.


Tidak heran jika Microsoft kemudian menawarkan layanan dari NewsGuard ini kepada pengguna Androids saat ini.


Microsoft Edge menawarkan agar layanan dari organisasi tersebut dapat dipakai pengguna dari browser ini di Android.

NewsGuard dapat memberikan petunjuk kepada anda mengenai klasifikasi berita apakah benar atau tidak. Jika anda menggunakan Edge (dan pilihan untuk advokasi dari NewsGuard dihidupkan) maka anda akan melihat icon pada hasil browsing.

Icon dengan logo tick berwarna hijau  maka secara umum bisa disebut sebagai berita yang dapat dipercaya dan anda dapat melihat alasan kenapa berita tersebut dapat dipercaya (dengan uraian headlines dan isi tidak bertentangan, sumber dana, perusahaan dan sejenisnya).

Untuk saat ini layanan Edge hanya ada pada aplikasi Android saja, anda harus menunggu jika menggunakan iPhone.


Pengguna browser dengan Edge tidak banyak dan saat ini pengguna terbesar adalah Chrome dan mungkin Firefox kemudian.

Dengan tawaran ini bisa jadi Edge memberikan kelebihan dibanding browser lain dan akan mendorong pengguna lebih banyak lagi.