QUANTUM COMPUTER LAB SUDAH TERSEDIA OLEH IBM

QUANTUM COMPUTER LAB SUDAH TERSEDIA OLEH IBM

10 Jan 2019

QUANTUM COMPUTER beberapa tahun lalu masih konsep dan setahun kemarin sudah bisa dibuat tetapi masih di lab tidak ada terintegrasi sendiri di dalam suatu kotak yang independen.


Quantum Computer ternyata baru saja diumumkan oleh IBM sudah tersedia dan bekerja dengan normal menggunakan konsep quantum.

IBM akan mengumumkan bahwa komputer tersebut disebut dengan IBM Q Quantum Computation Center akan disediakan bagi pengguna komersial di Poughkeepsie, New York pada tahun ini.


Komputer quantum ini akan seperti komputer biasa hanya saja kemampuan dari komputer ini berlipat kali.

Komputer ini seperti komputer awal jaman dulu yang berukuran lebih besar dari manusia. Bahkan komputer generasi pertama lebih besar dari rumah.

Komputer Quantum berukuran lebih besar dari manusia karena komputer ini harus melindungi bagian rentan dan terutama memerlukan pendingin dan sistem yang menutup prosesor quantum tertutup rapat dari udara luar.

Much as classical computers combine multiple components into an integrated architecture optimized to work together, IBM is applying the same approach to quantum computing with the first integrated universal quantum computing system. IBM Q System One is comprised of a number of custom components that work together to serve as the most advanced cloud-based quantum computing program available, including:

Quantum hardware designed to be stable and auto-calibrated to give repeatable and predictable high-quality qubits;
Cryogenic engineering that delivers a continuous cold and isolated quantum environment;
High precision electronics in compact form factors to tightly control large numbers of qubits;
Quantum firmware to manage the system health and enable system upgrades without downtime for users; and
Classical computation to provide secure cloud access and hybrid execution of quantum algorithms.

Komuter Quantum ini prinsipnya. Sebagai pemabnding komputer biasa  hanya melakukan proses dua angka saja yaitu terhadap 0 dan 1. Maka komputer kuantum terdiri dari 2 angka tetapi angka tersebut dalam waktu bersamaan dipertimbangkan sebagai 0 atau 1 dan 1 atau 0.

Untuk pemisalan dalam 1 bit dalam komputer biasa berarti hanya 0 atau 1. Untuk Komputer Quantum 1 bit bisa 0 dan 1 atau 1 dan 0 atau 0 dan 0 atau 1 dan 1. Seolah untuk 1 bits maka komputer quantum bisa 4 kalinya (atau dalam kasus ini 2 pangkat 2 - disebut seolah pangkat 2 kemampuan komputasinya dibanding komputer biasa).

Posisi komputasi ion dalam Komputer Quantum ini disebut sebagai super position. Dimana setiap ion yang ada sebetulnya bisa dalam semua kemungkinan yang ada. Seolah jika setiap ion ini dilipat gandakan jumlahnya maka hampir setiap kondisi komputasi bisa dilakukan oleh Komputer Quantum.



Apa dampak dari adanya Komputer Quantum?

Banyak. Untuk kasus pelik yang tidak bisa dihitung saat ini maka bagi komputasi quantum bisa disebut tidak ada masalah, setiap hal bisa dihitung. Setiap hal bisa dipecahkan.

Apa contoh hal yang saat ini tidak dapat dipecahkan tetapi bagi Komputer Quantum dapat dipecahakan dengan mudah (atau seketika itu juga sewaktu anda tekan ENTER)? Sebagai contoh adalah enkripsi Bitcoin.

Bitcoin mendapat proses sandi (enkripsi) yang rumit dan tidak dapat dipecahkan (hack) oleh komputer saat ini, dengan Quantum hanya seketika.

Contoh lain akan sangat menarik jika diterapkan pada AI (artificial Intelligent) maka robot dapat belajar seolah apapun dan kondisi serumit apapun dapat di proses dan dapat dipecahkan solusinya.

Menarik sekaligus menakutkan.