ADA BERAPA BINTANG DI MATAMU, KALIMAT ATAU PERTANYAN YANG ARTINYA BISA BANYAK

ADA BERAPA BINTANG DI MATAMU, KALIMAT ATAU PERTANYAN YANG ARTINYA BISA BANYAK

2 Feb 2019

ADA BINTANG DI MATAMU bisa berarti banyak sekali (dan bisa juga tidak berarti apa-apa jika yang mengeluarkan kalimat tersebut tidak mengerti astronomi).

Jika suatu ketika ingin basa-basi dengan seorang yang bermata jelita jernih menarik, dapat menggunakan rayuan maut dan tidak masuk akal seperti kalimat berikut:

Versi – 1 gombal terkait bintang:

Cowok: Bapak kamu pasti seorang astronot ?
Cewek: kok tau?
Cowok: Soalnya aku melihat banyak bintang di matamu.
Note: Cara terbaik kenalan dengan anak Neil Amstrong (jika anaknya cewek);


Untuk catatan lebih lengkapnya, jumlah astronot (jumlah orang yang pernah ke luar angkasa) tidak banyak, hanya sekitar 600 orang yang pernah ke luar jauh diatas sana. Tidak banyak kesempatan untuk menggunakan kalimat norak diatas.


Versi – 2 gombal terkait bintang:

Cowok: Tahu caranya membuat bulan terlihat terang sendirian?
Cewek: Bagaimana tuh Bang caranya?
Cowok: Sebuah bintang akan jatuh setiap kali aku mengingat Eneng,… Dan aku sering banget inget ke Eneng sampai ribuan kali,… hingga akhirnya tidak ada lagi bintang di langit sana karena jatuh menghibur abang, disaat tersebut bulan bakal sendirian di angkasa.



Catatan tambahan, kalimat gombal diatas sangat bermakna ilmiah yang tinggi karena tidak sembarangan orang mengetahuinya, tidak setiap orang mengetahui Apparent Magnitude.

Versi – 3 gombal terkait bintang:

Cowok: Tau gak knapa malem ini ga ada bintang ??
Cewek: Soalnya sekarang musim hujan, mendung.
Cowok: Bukan itu.
Cewek: Kenapa lagi memang?
Cowok: Soalnya ribuan bintangnya pindah semua ke matamu?


Jika kalimat diatas di-ekstrak lebih lanjut ada bagian: inget ribuan kali dan akhirnya semua bintang jatuh ke bumi menghibur.
Atau bagian ribuan bintang pindah kematamu.

Dua kalimat diatas sangat bermakna tinggi dan orang tersebut tergambarkan sangat mengetahui dan sadar asronomi.

Berdasar penelitian para ahli astronomi (disebut dengan kemampuan melihat dikaitkan dengan Apparent Magnitude), bagi mata telanjang maksimum manusia hanya dapat melihat bintang hingga sekitar 9000 bintang (9 ribu bintang saja). Jika kalimat diganti dengan: aku melihat ada jutaan bintang bla bla bla maka dipastikan orang tersebut tidak berilmu dan tidak mengetahui astronomi.
 

Gambar diambil dari situs NASA dan saat ini Hubble baru saja menemukan bahwa setiap bintang belum tentu terkait galaksi. Ada beberapa bintang berumur sangat tua yang terlepas dari galaksi mungkin karena terleps pada saat awal penciptaan alam semesta.

.....globular star clusters are snow-globe-shaped islands of several hundred thousand ancient stars. The survey found the globular clusters scattered in the space between the galaxies. They have been orphaned from their home galaxies through galaxy tidal interactions within the bustling cluster .....