Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

latest

DAPPS TERKENAL TERNYATA DI TRON TRX DAN EOS

DAPPS atau Dsitributed Applicaion Platforms saat ini sedang tumbuh walaupun tidak pesa seperti perkemabangan penggunaan Facebook di awal tah...

DAPPS atau Dsitributed Applicaion Platforms saat ini sedang tumbuh walaupun tidak pesa seperti perkemabangan penggunaan Facebook di awal tahun 2000an, DAPPS perlahan namun pasti merangkak dan mendapat penggemar kelas berat.


Orang umum masih banyak belum mengenal DAPPS atau blockchain dan tentu saja apa kemampuan blockchain (atau DAPPS) masih belum dimengerti, teknologi baru selalu perlu waktu sebelum adopsi masal terjadi.

DAPPS pada prinsipnya adalah jaringan komputer yang dapat berguna seperti server komputer pada umumnya. DAPPS selain berguna menjadi server, DAPPS sebagai kumpulan komputer dapat menjalankan program (menyimpan data dan melakukan proses data) seperti layaknya gabungan server website, penyimpanan aplikasi seperti App Store (Google Store) dan juga otak jaringan yang dapat melakukan proses aplikasi.

Proses aplikasi yang bisa disimpan dan diminta untuk dijalankan pada DAPPS bermacam-macam dari operasi matematika serderhana hingga game yang rumit.

Tidak heran jika DAPPS ini disebut orang saat ini dengan sebutan INTERNET 3.0 karena dapat menjadikan internet lebih efisien dengna server dimana-mana secara gratis, aman dengan sistem kriptografi handal dan dikontrol/dijalankan oleh publik/umum - setiap orang dapat menjalankan dan memilikinya (tidak serperti server atau cloud besar Amazon atau Google).

Saat ini DAPPS masih berkembang mencari bentuk dan pengguna tetap dalam jumlah besar. Pengguna DAPPS masih belum banyak dan sistem penyimpanan data dan aplikasi disini dibanding aplikasi dan data di dunia internet saat ini.

Aplikasi game yang saat ini tercatat sebagai program yang banyak dipakai di DAPPS hanya digunakan oleh sekitar 7000 orang dalam 24 jam terakhir. Aplikasi game ini disebut dengan Epic Dragons.

Aplikasi Epic Dragons ini ditempelkan ke program TRON atau TRX yang saat ini memang sedang menjadi incaran para trader cryptocurrencies.

Tidak heran jika Tron TRX ini sering mengalami hype (kenaikan harga mendadak) kaena memang banyak aplikasi terbaik berada di program ini.

Aplikasi lain yang berada di urutan 10 besar ternyata bisa disebut hanya berasal dari TRX Tron dan EOS, tidak ada aplikasi dari DAPPS lain seperti dari ETH (Ethereum) atau contoh DAPPS lain seperti Stratis dan lain-lain yan gmenduduki 20 besar.

ETH atau Ethereum adalah cikal bakal dari program cryptocurrencies yang mampu menjadi tempat penyimpanan program seperti game dan data terkait, ETH memang dikenal tidak cukup responsif mengelola data dan pengguna besar ditambah waktu proses data yang juga dinilai kurang cepat (kurang responsif dan tidak mampu melakukan banyak proses data ini disebut tidak-scalable).

ETH secara perlahan ditinggalkan oleh pengguna dan juga oleh programmer pembuat aplikasi, beberapa aplikasi khusus perbankan maish banyak diterapkan didalam ETH (seperti WRC Worldcore dan seperti MCO Monaco Card).

DAPPS dan publik masih akan tumbuh dan berkembang, perlu waktu bagi DAPPS untuk menjadi handal dan perlu waktu bagi publik untuk mengenal lebih lanjut.

Urutan aplikasi lain dapat dilihat di DaapRadar.