GAMBARAN KEHEBATAN ARTIFICIAL INTELLIGENT SAAT INI

GAMBARAN KEHEBATAN ARTIFICIAL INTELLIGENT SAAT INI

8 Feb 2019

ARTIFICIAL INTELLIGENT atau biasa disingkat AI saat ini tumbuh dengan pesat dan tidak banyak yang menyadari bahwa teknologi ini sebetulnya sudah jauh di depan.


Beberapa teknologi perlu puluhan tahun untuk matang dan dipakai secara benar oleh masyarakat luas. Ketika suatu teknologi matang maka secara umum dapat disebut memiliki resiko rendah dibanding jika teknologi tersebut dipakai luas tetapi masih baru (atau masih tahap bayi tetapi dipakai luas).

Disadari atau tidak oleh pengguna internet jika menggunakan internet maka orang tersebut sudah bersentuhan dengan AI, orang tersebut sudah menggunakan AI.

Pengguna GMAIL sebetulnya dibantu Google Tensor untuk menghilangkan Spam. Jika dari sautu situs terdapat iklan maka iklan yang muncul adalah hasil kerja AI berdasar cookies, trend, bisa jadi juga berdasar dokumen (online) atau kegiatan tertentu yang dilakukan pengguna tersebut di laptopnya. Kita semua disini pengguna AI.


Elon Musk menggambarkan kemajuan dan bahaya Google dengan sangat bagus. Elon Musk menyebut bahwa produk AI dari Google salah satu contoh terbaik. Google saat ini memang bisa disebut sudah bisa menyediakan jawaban bahkan sebelum pertanyaan selesai.

Artificial Intelligent bergerak perlahan menjadi barang yang lebih pintar dari manusia paling pintar. Secara pati juga dengan cepat AI terindikasi berhasil menjadi barang yang paling pintar dari semua jumlah kepintaran manusia yang ada.

AI sangat pintar hingga dapat mengalahkan komputer dalam game dan yang paling menarik adalah ketika AI dapat mengalahkan manusia yang paling hebat dalam bermain game.

Sebelumnya komputer mengalahkan permainan Catur karena komputer menyimpan semua kemungkinan langkah yang akan dipakai pemain dan komputer dapat mengantisipasi setiap hal tersebut. Berbeda dengan permainan bernama Go. Bermain Go hanya menggunakan batu atau koin kecil warna hitam dan putih pada bilah seperti catur. Permainan Go bisa disebut memiliki kemungkinan langkah yang sangat banyak hingga bisa disebut tidak terhingga. Komputer tidak mungkin menyimpan semua kemungkinan langkah untuk menjadi data base acuan.

AI bernama AlphaGo diujicobakan melawan manusia dengan permainan Go dan AI memenangkannya dengan cukup alot dengan skor 4 - 1 dimana Lee Sedol kalah.

Para programmer kemudian memperbaiki AlphaGo menjadi AlphaZero dan dengan mudah AlphaZero menang 100 - 0 melawan AlphaGo.


Kemana AI akan berkembang? AI saat ini perlu pengaturan dan Amerika sudah mulai mencoba menerapkan aturan bagi AI tetapi aturan ini kalah cepat dengan perkembangan AI.

Bagaimana manusia masa depan, apakah akan di eksploitasi oleh AI?