PEGAWAI GOOGLE DAN GOOGLE CLOUD MENGHITUNG PI TERPANJANG -->

PEGAWAI GOOGLE DAN GOOGLE CLOUD MENGHITUNG PI TERPANJANG

15 Mar 2019

PI dikenal dengna angka 3.14xxxxx merupakan angka yang sangat misterius dan menarik bagi banyak ahli matematika, penggemar komputer dan gamer.


Tanggal 14 Maret (bisa ditulis 3 - 14) sering disebut dengan hari Pi (Pi Day) dimana banyak orang secara khusus mengenangnya dengan makan pie (kue buah).

Pada tanggal 14 saat ini di Amerika diumumkan angka 22/7 terpanjang di dunia yang dilakukan oleh pegawai Google dengna menggunakan Google Cloud untuk membantunya menghitung angka Pi terpanjang yang dapat dipecahkan saat ini.


Emma Haruka Iwao pegawai Google ini berhasil menghitung angka Pi hingga  31,415,926,535,897 digit/karakter angka. Angka yang sangat panjang dari suatu hasil operasi matematik (dan sebetulnya tidak sepenuhnya diperlukan). Untuk menghitung luasan lingkaran cukup dua angka seperti banyak anak SD atau SMP lakukan (cukup dengan 3.14 saja), temuan angka Pi yang panjang ini dinilai sangat fenomenal dan menjadi rekor baru.



Emma Haruka Iwao memerlukan penyimpanan data hingga sekitar 140TB (angka yang luar biasa karena biasanya 1 laptop umum saat ini berukuran hard-disk sekitar 500 MB hingga 1 TB). Perhitungan Pi yang sangat panjang ini juga perlu sekitar 121 hari.