ANIMASI MENARIK BERJALAN KEARAH PILAR MONSTER M16

ANIMASI MENARIK BERJALAN KEARAH PILAR MONSTER M16

10 Feb 2019

PILAR MONSTER atau disebut dengan Monstrous pillars atau terkadang diberi kode M16 seperti nama sejata otomatis saingan AK-47 menarik untuk dilihat. Terkadang objek ini disebut juga dengan nama Eagle Nebula, Messier 16 atau juga Pillars of Creation.



Kumpulan gas dingin ini sangat besar dan dari Bumi bisa terlihat dengan teleskop pada presisi tinggi terutama pada bulan Juli (sedikit diatas gugus scorpious - Bintang Antares).

Dengan Hubble sekalipun perlu pengetahun yang matang menemukan pilar gas raksasa ini, animasi dibawah akan menggambarkan posisi nebula ini dengan menarik.

 
M16 ini terletak sekitar 6500 tahun perjalanan cahaya dari Bumi, cahaya perlu waktu sekitar 6500 tahun untuk sampai kesana, bisa jadi bentuk pilar ini saat ini bukan seperti yang kita lihat dari Hubble. Cone Nebula NGC 2264 dan M16 si Pilar Monster adalah sepupu jauh terlihat dari penampilannya yang mirip.

Foto dari pilar kolom raksasa ini dapat diunduh dari situs Hubble dan berukuran raksasa (sekitar 122 MB), mengunduh foto pilar raksasa untuk ukuran raksasa dapat dilakukan disini.

Nebula ini berukuran lebar sekitar 4 hingga 5 tahun cahaya dan ukuran tinggi pilar ini sekitar 70 tahun cahaya, Planet Bumi tidak ada apa-apanya.

Bahkan bagian atas dari Nebula monster ini terlihat berbeda posisi antara bagian kepala dibagian belakang dan awan yang membuat bayangan di bagian depannya.



Nebula ini sering disebut sebagai gambaran kelahiran bintang dimana awan seperti terlepas hasil dari ledakan bercampur radiasi dan panas yang tinggi kemudian menjadi dingin.


Gallery dan penjelasan lain dapat di lihat dari situs NASA Hubble disini.