KASUS COLD WALLET QUADRIGACX SEMAKIN ANEH

KASUS COLD WALLET QUADRIGACX SEMAKIN ANEH

6 Feb 2019

QUADRIGACX diberitakan memiliki dana para pengguna platform tersebut disimpan di cold wallet dan akses untuk masuk cold wallet tersebut hanya diketahui CEO dari persuhaan tersebut. Sayangnya CEO tersebut meninggal sewaktu sedang mengunjungi India.

Berdasar klaim dari perusahaan tersebut, sebagaimana yang disebutkan dalam posting disini dana disebutkan hilang ditelan cold wallet. Seorang pengamat crypto tertarik melakukan analisis awal dan ternyata ada indikasi keanehan.


Pengamat tersebut membuat tulisan di medium dan saat ini ditutup suspend sehingga tidak dapat diakses mungkin karena mengandung kontroversi berlawanan yang saat ini ada di publik.

Situs Finder AU mengutip bahwa terdapat indikasi dari wallet Bitcoin adanya perpindahan yang besar. Dari chain analysis terindikasi bahwa wallet bisa jadi sudah terkena likuidasi (terjual atau terbeli atau ditukar) karena suatu hasil trading atau bahkan berpindah.






"Via thorough inspection of several dozen verified Bitcoin withdrawals and deposits, the estimated aggregated total number of bitcoins in QuadrigaCX’s possession is south of 1,000 $BTC, with 1,000 being a very generous estimate at this point in time," ZeroNoncense says. "Chain analysis shows that the vast majority of holdings in the wallets and addresses that QuadrigaCX owns have already been liquidated or moved to an exchange."

Salah satu cara untuk melihat kemungkinan pernyataan tersebut sebetulnya cukup mudah, perusahaan QuadrigaCX tinggal memperlihatkan alamat dari setiap cold wallet.

Walaupun perpindahan coin terlindungi oleh password, analysis dari chain tetap dapat dilakukan dan bisa disimpulkan apakah memang didalam dompet tersebut ada dana atau tidak.Saat ini terkait benar atau tidaknya cold wallet dari QuadrigaCX berisi coin atau kosong menjadi pembahasan seru di beberapa forum seperti Bitcointalk atau juga di Reddit.

Penjelasan singkat tentang perpindahan coin dan chain analisis juga disebut secara umum dengan sedikit penjelasan yang lebih detail dari video ini seperti terkait upacara pemakaman dan beberapa dokumentasi yang kurang detail terkait informasi CEDO terkait.