NASA LUNAR ORBITER, MEMBUAT FOTO PERMUKAAN BULAN SETIAP JENGKAL

NASA LUNAR ORBITER, MEMBUAT FOTO PERMUKAAN BULAN SETIAP JENGKAL

22 Mar 2019

NASA berencana mengirim orang ke bulan dan berbagai persiapan sudah dilakukan secara bertahap dengan progress yang meyakinkan.



Salah satu kelengkapan yang diperlukan untuk menjelajahi bulan adalah peta yang akurat dan terbarukan. Para astronot atau wahana yang pelru berjalan di bulan harus mengetahui arah dan posisi sewaktu menjelajahi permukaan bulan.

NASA Lunar Orbiter adalah satelit yang bertugas membuat peta dan citra dari bulan secara detail dan lengkap bisa disebut setiap jengkal dan selalu diperbaharui.

NASA Lunar Orbiter mengirimkan sekitar 155 GB per 24 jam sewaktu berputar menjepret bulan dari atas langitnya.

Satelit ini membuat potret berbagai macam keadaan di bulan dari lembah gelap dan dalam hingga foto dari gunung tertinggi di bulan sana.

Foto yang ada di bulan cenderung susah diukur karena patokan pembanding di permukaan bulan terkadang tersamarkan oleh keadaan bulan sendiri.

Sebagai contoh jarak yang dilihat di permukaan bumi dapat diperkirakan dari tebal atau tipisnya kabut atau pengaruh atmosfer, pada bulan hal tersebut tidak ada.

Patokan lain di bumi adanya laut dan dataran yang jelas, di bulan hal tersebut juga tidak tersedia dengan jelas dan bisa dengan mudah menjadi kesepakatan patokan, semua patokan visual di bulan bisa rancu pada satu titik ke titik lain. Tidak adanya pohon, gedung bertingkat atau objek buatan manusia yang nyata maka permukaan bulan cenderung sulit diukur.


Contoh lain untuk foto bulan dimana patokan jarak dan ukuran terliat blur dapat menggunakan salah satu foto dari satelit Nasa Lunar Orbiter ini, foto diatas adalah salah satu hasil jepretan diatas wahana milik Cina bernama Change 4 yang mendapat dan berkeliaran di bulan.

Ukuran Change 4 dan ukuran kawah kecil muka bulan hampir tidak terlihat berapa jaraknya sepintas, dengan adalanya Change 4 maka ukuran tersebut menjadi lebih terbayangkan.

Sebelumnya sudah 5 Lunar Orbiter diluncurkan dari tahun 1966 - 1967 untuk membantu pendaratan bagi astronot dengan Apollo.

Saat ini Lunar Orbiter yang bekerja di langit bulan adalah Lunar Reconnaissance Orbiter (LRO)yang melayang sekitar 82 km diatas muka bulan. Satelit ini yang membuat foto Change 4.



Situs Lunar Orbiter dapat dikunjungi pada website NASA.